STQH di Selayar, ASDP Siapkan Armada Tambahan Angkut Kafilah

STQH di Selayar, ASDP Siapkan Armada Tambahan Angkut Kafilah

Selayar, Upeks– Perwakilan PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Feri (Persero) cabang Selayar mengatakan akan menambah armada pada saat pelaksanaan STQH ke 33 di Kabupaten Kepulauan Selayar pada bulan Mei tahun ini.

Hal ini diungkap Kepala Seksi pada ASDP Selayar Sahyadi, pada rapat koordinasi (Rakor) Persiapan Pelaksanaan Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQH) XXXIII tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2023 yang digelar di Ruang Pola Kantor Bupati Kepulauan Selayar, Kamis 2
Maret 2023.

Bacaan Lainnya
 

Dengan estimasi 1.280 peserta dan official (kafilah) dari 23 kab./kota se Sulsel, ASDP meyakini dapat mengangkut seluruhnya dalam 2 hari tanpa mengabaikan masyarakat Selayar yang juga secara reguler menggunakan moda transportasi kapal feri di pelabuhan Bira dan Pamatata.

“Tolong difixkan paling lambat tanggal 27 April 2023 mengenai jadwal kedatangan peserta dari 23 kab. / kota di pelabuhan Bira termasuk berapa jumlah kendaraan roda 4 yang mereka gunakan. Sekali trip kita bisa mengangkut 20-30 kendaraan roda 4 dan diupayakan jagan terjadi penumpukan di pelabuhan. Olehnya itu kita akan lakukan pembahan armada kapal untuk mengantisipasi lonjakan penumpang,” ucapnya.

Pada Rakor ini dibahas sejumlah agenda, diantaranya teknis pemberangkatan kafilah dari pelabuhan Bira ke pelabuhan Pamatata Selayar, tempat pemondokan kafilah, jumlah dan jenis cabang lomba hingga pembahasan seluruh rangkaian acara pelaksanaan STQH ke-33 di Kab. Kepulauan Selayar.

Peserta Rakor menyepakati bahwa pelaksanaan STQ tingkat Kab. Kepulauan Selayar direncanakan berlangsung tanggal 3 sampai 12 Mei 2023 dan akan dibuka secara resmi oleh Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman pada tanggal 5 Mei 2023 pukul 20.00 WITA di lapangan Benteng Selayar.

Adapun cabang lomba yang akan dilombakan sebanyak 4 cabang dan 18 golongan lomba. Yakni Cabang Tilawah meliputi Golongan anak-anak, putra putri,
Golongan dewasa, putra putri.

Cabang Hifz Alquran terdiri dari, golongan 1 Juz dan Tilawah putra-putri. Golongan 5 juz dan tilawah (putra/putri), golongan 10 juz (putra/putri). Golongan 20 juz, (pa/pi), golongan 30 Juz (pa/pi). Cabang Tafsir Al Quran terdiri dari golongan bahasa Arab (pa/pi).Cabang Musabaqah Hadis Nabi terdiri dari golongan hafalan 100 hadits dengan sanad, golongan hafalan 500 hadits tanpa sanad.

Rakor yang digelar secara hybrid ini dipandu langsung oleh Kabag Kesra Setda Kab. Kepulauan Selayar Nadira Basri, dan dihadiri Asisten I Kab. Selayar Muhammad Yunan Karaeng Tompo Bulu, Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Sulsel Ali Yafid, Koordinator Mental Spritual Biro Kesra Setda Prov. Sulsel Muh. Hasyim, Kepala Kantor Kemenag Kab. Kepulauan Selayar Aswar Badudu, Perwakilan Dinas Perhubungan, dan Perwakilan PT. ASDP Persero, serta sejumlah Kepala Seksi Bimas Islam dan peserta undangan lainnya dari 23 kab./ kota se Sulawesi Selatan. (rls)