Pemkab Toraja Utara Raih Penghargaan UHC Award 2023

Pemkab Toraja Utara Raih Penghargaan UHC Award 2023

 

Toraja, Upeks.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toraja Utara membuktikan komitmennya untuk memberikan perlindungan jaminan kesehatan bagi masyarakatnya. Hal itu dibuktikan dengan raihan penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award 2023 dari BPJS Kesehatan.

Bacaan Lainnya
 

Komitmen Pemkab terhadap sektor kesehatan jelas bukan main-main. Tercatat, sebanyak 99,34 persen penduduk telah terdaftar sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Artinya, hampir seluruh masyarakat di Kabupaten Toraja Utara telah memiliki payung perlindungan untuk mengakses layanan di fasilitas kesehatan.

Atas capaian itulah, kabupaten ini diberikan penghargaan yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin di Balai Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa (14/3/2023).

Kepala dinas kesehatan Toraja Utara, Elizabeth, mengucapkan selamat kepada Pemkab Toraja Utara atas pencapaiannya di UHC Award.

“Selamat kepada pak bupati serta jajaran Pemda Toraja Utara atas penerimaan UHC Award,” ucapnya.

Ia mengatakan, penghargaan ini merupakan wujud komitmen Pemda Toraja Utara dalam menjamin kesehatan masyarakatnya.

“Program UHC adalah wujud komitmen Pemda Toraja Utara dalam memastikan dan menjamin masyarakatnya memperoleh layanan kesehatan, dan juga  salah satu implementasi transformasi kesehatan pilar ke empat yaitu transformasi pembiayaan kesehatan dalam mewujudkan akses dan mutu layanan kesehatan bagi masyarakat Toraja Utata,” jelasnya.

Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang, melalui penghargaan ini berpesan agar tenaga kesehatan di Toraja Utara semakin memaksimalkan pelayanannya.

“Dengan telah tercapainya UHC di Kabupaten Toraja Utara maka fasilitas kesehatan juga harus kian optimal dalam melayani,” tuturnya.

Tak cukup sampai disini, Bupati Toraja Utara ini juga menyampaikan untuk tetap mencaver jaminan kesehatan masyarakatnya.

“Ke depan kami akan terus memastikan seluruh penduduk Kabupaten Toraja Utara tetap terjamin akses layanan kesehatannya melalui program JKN-KIS,” imbuhnya. (Tini)