Pemkab Tana Toraja Raih UHC Award, Atas Dukungan JKN-KIS

Pemkab Tana Toraja Raih UHC Award, Atas Dukungan JKN-KIS

Toraja, Upeks.co.id –  Pemerintah Kabupaten Tana Toraja dinilai sukses dalam kepesertaan masyarakat dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Atas keberhasilan tersebut Pemerintah Kabupaten Tana Toraja menerima Universal Health Coverage (UHC) Award bersama 334 Kabupaten dan Kota dan 22 Provinsi yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin, di balai Sudirman Jakarta, Selasa (14/3/2023).

Bacaan Lainnya

Penghargaan diberikan kepada provinsi dan kabupaten/kota yang telah mendukung

JKN-KIS sebagai program strategis nasional dengan mendorong terwujudnya Cakupan Kesehatan Semesta atau UHC di Indonesia.

Penghargaan UHC merupakan bentuk apresiasi pemerintah terhadap layanan kesehatan yang accessibility atau mudah diakses bagi semua pihak di daerah.

Kepala Dinas Kesehatan, Rudi Andilolo mengaku mengapresiasi pemerintah Tana Toraja atas dukungannya dalam bidang kesehatan.

“Kita sangat mengapresiasi pemerintah Tana Toraja yang telah memperhatikan kesehatan masyarakatnya, secara khusus dalam jaminan kesehatan,” katanya.

Pemkab Tana Toraja menargetkan hampir seratus persen masyarakatnya mendapat jaminan kesehatan tahun ini.

“Tahun ini pemerintah Tana Toraja menganggarkan 97,55 persen masyarakatnya tercover dalam jaminan kesehatan tersebut,” ucapnya saat dikonfirmasi, Kamis (16/3/2023).

Salah satu hal yang disyukuri adalah diantara semua kebutuhan mendesak di Tana Toraja, kesehatan menjadi salah satu perhatian khusus pemerintah.

“Kita bersyukur karena diantara 12 kabupaten di Sulawesi Selatan, Kabupaten Tana Toraja menjadi salah satu kabupaten yang menjadikan kesehatan sebagai salah satu hal yang mendapat perhatian khusus oleh pemerintah,” imbuh Rudal (sapaannya).

Sampai saat ini, tercatat sudah 264.355 jiwa warga masuk  peserta Program JKN dari total penduduk 270.984 jiwa atau sebesar 97,55 persen. (TINI)