Komisi IX DPR RI Aliyah Mustika Gandeng BPOM Dorong Masyarakat Cerdas Memilih Obat dan Makanan

Komisi IX DPR RI Aliyah Mustika Gandeng BPOM Dorong Masyarakat Cerdas Memilih Obat dan Makanan

 

Makassar, Upeks.co.id- Pemilihan obat dan makanan dengan cerdas untuk dikonsumsi adalah hal yang tentunya sangat penting diperhatikan.

Bacaan Lainnya

 

Demikian disampaikan Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham dalam sosialisi pemberdayaan masyarakat melalui KIE tentang obat dan makanan di Asrama Haji Sudiang Makassar, Rabu (22/3/2023).

 

“Kesehatan masyarakat tergantung dengan apa yang dikonsumsi, dalam hal ini apa yang masuk dalam tubuh. Sehingga tentu kami terus mendorong masyarakat cerdas memperhatikan hal tersebut salah satunya melalui komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) obat dan makanan,” jelas Aliyah.

 

Aliyah juga berharap, melalui KIE ini yang diperkuat dengan menggandeng Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (POM) Makassar, dapat menambah pengetahuan masyarakat dalam memilih obat dan makanan yang berkualitas.

 

“Kami berharap, peserta yang hadir semakin cerdas memilih obat dan makanan yang layak dan ilmu yang didapatkan ditularkan ke kelauarga dan sekitarnya yang tentu tujuannya tidak lain untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya di Makassar,” imbuh Aliyah.

 

Perwakilan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (POM) Makassar, Dra Erni Arnida dalam materinya mengarahkan masyarakat agar selalu waspada dalam memilih obat dan makanan yang beredar di pasaran.

 

“Cek dulu kemasannya dan pastikan kemasan dalam kondisi baik tidak penyok,” terang dia.

 

Tambah dia, lihat labelnya baca informasi produk yang tertera pada labelnya dengan cermat, pastikan obat dan makanan tersebut memiliki ijin edar dari badan POM dan informasi tersebut dapa bisa diakses melalui Aplikasi BPOM.

 

Sekadar diketahui, kegiatan tersebut nampak berjalan alot yang diikuti beragam peserta. Apalagi momentum sosialiasi tersebut bertepatan menyambut bulan suci Ramadhan, yang tentu masyarakat memerlukan informasi tentang obat dan makanan yang baik dalam menjalankan ibadah. (Mimi)