Jokowi Instruksikan Perusahaan Tambang Tiru  PT Vale

Jokowi Instruksikan Perusahaan Tambang Tiru  PT Vale

Lutim, Upeks.co.id — Presiden Joko Widodo menyanjung pengelolaan pertamnbangan Nilkel yang dilakukan PT. Vale Indonesia Tbk.

Pujian orang nomor satu di Indonesia itu disampaikan saat meresmikan Taman Kehati Sawerigading Wallacea di Sorowako kecamatan Nuha, kabupaten Luwu Timur, Kamis (30/03/2023).

Bacaan Lainnya
 

“  Segera saya akan perintahkan kepada seluruh perusahaan tambang di Indonesai mengcopy, meniru apa yang telah dilakukan PT. Vale. Saya liahat semuanya tadi. Saya liat argotorumnya. Kemudian memberikan edukasi kepada anak-anak tentang menjaga kelestaruian alam dan lingkungan,” imbuh Jokowi.

Menurut Jokowi , dirinya juga telah mengecek bagaimana PT. Vale menyiapkan bibit untuk merehabilitasi dan mereklamasi lahan bekas tambang  dan seluruh proses tersebut berjalan sangat bagus.

“Saya lihat semuanya tadi bagaimana proses pembibitan di Nursery hingga edukasi yang dilakukan kepada anak-anak kita tentang pentingnya lingkungan. Tambang ini bukan hanya kita nikmati, tapi juga harus dinikmati oleh anak cucu kita dalam bentuk yang lain,” kata Presiden Jokowi.

Dalam kunjungannya ke PT. Vale, Presiden Jokowi juga  melihat  Process Plant: fasilitas pabrik pengolahan. Jokowi juga menyambangi  Bukit Solia: lokasi penambangan bijih nikel, sekaligus meninjau aktivitas reklamasi dan rehabilitasi lahan.

Dari sini, Jokowi bersama rombongan bergerak menuju  Taman Kehati Sawerigading Wallacea. Sebelumnya Jokowi juga mengunjungi fasilitas persemaian (nursery) sembari  berbincang dengan para pelajar sekolah dasar tentang pentingnya menjaga lingkungan.

-Presiden Jokowi juga  melakukan penanaman pohon bersama pelajar sekolah dasar, CEO PT Vale Febriany Eddy, Chief Government Affairs Officer Ford Motor Company Christoper Smith, dan Chairman Huayou Chen Xue Hua.

Nampak hadir sejumlah Menteri kabinet Indonesia Maju di antaranya Menko Marvest  Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Investasi Bahlil Lahadia, Sekretrais Kabinet Pramono Anung. Selain itu juga turut mendampingi Presiden Jokowi Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dan bupati Luwu Timur Budiman. (aco)