Inspiratif! Mahasiswa AKFAR Toraja Ciptakan Sabun Cuci dari Bahan Alami

Inspiratif! Mahasiswa AKFAR Toraja Ciptakan Sabun Cuci dari Bahan Alami

TORAJA, Upeks.co.id –  Mahasiswa semester VI tingkat akhir Akademi Farmasi (AKFAR) Toraja mengembangkan sabun cuci yang berasal dari bahan baku laboratorium Teknologi Farmasi AKFAR Toraja serta ekstrak dari bahan alam.

Produk-produknya berupa sabun cuci tangan, handsanitizer, detergen plus pewangi, dan sabun cuci piring.

Bacaan Lainnya

Sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat, produk -produk karya mahasiswa ini dibagikan secara gratis bagi masyarakat.

Apt. Estherina Allo Payung, SSi.,M. Farm. Klin, salah satu dosen DPK AKFAR mengatakan ini merupakan bukti Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

“Pembagian sabun cuci, hensanitizer, dan detergen secara gratis ini adalah bagian dari program pengabdian kepada masyarakat,” katanya saat membagikan hasil karyanya di Lingkungan Parampo, Kelurahan Lemo, Makale Utara.

Ia mengatakan sabun yang dibuat oleh mahasiswa semester akhir program D3 Farmasi AKFAR ini adalah salah satu tugas akhir praktik mahasiswa.

“Produk -produk ini adalah asli karya mahasiswa AKFAR Toraja dan termasuk salah satu tugas akhir dalam rangka praktik  kewirausahaan mahasiswa,” tuturnya.

Sabun yang dibuat oleh mahasiswa AKFAR ini sudah teruji, meski belum mendapatkan BPOM.

“Produk-produk mahasiswa ini aman digunakan karena sudah melalui pengujian dan evaluasi produk hanya saja belum didaftarkan ke BPOM karena belum dipasarkan secara komersial,” imbuhnya. (Tini)