Sasar Ibu-Ibu Majelis Taklim, Baznas Sosialisasi Zakat di Salodua Maiwa

Sasar Ibu-Ibu Majelis Taklim, Baznas Sosialisasi Zakat di Salodua Maiwa

ENREKANG,UPEKS.co.id— Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Enrekang terus gencarkan Sosialisasi untuk meningkatkan pengumpulan Zakat, Infak dan Sedekah  (ZIS).

Untuk itu, Pimpinan Baznas Enrekang bagian pengumpulan Dr.  Ilham Kadir  melakukan sosialisasi terkait hal tersebut di Masjid Nurul Falah Salodua, Selasa (17/1/2023). Kegiatannya kali ini menyasar ibu-ibu Majelis Taklim Salodua yang jumlahnya ratusan orang.

Bacaan Lainnya

 

Di depan para jamaah, Ilham Kadir mengatakan pada dasarnya orang Islam itu baru dikatakan sempurna keislamannya jika menunaikan 5 rukun Islam yakni dua mengucapkan kalimat syahadat, salat lima waktu,  zakat, puasa di bulan Ramadan dan Naik Haji bagi yang mampu.

“Untuk kita di sini yang mayoritas sebagai petani maka, jika kita memiliki hasil panen berupa padi misalnya sudah mencapai 653 kg maka itu sudah harus dikeluarkan zakatnya 5% setelah dipotong ongkos operasional waktunya adalah setelah panen, ” terangnya. 

Dosen Unimen ini menjelaskan lebih jauh tentang tata cara pembayaran zakat yakni dibawa ke Unit Pengumpul Zakat (UPZ) terdekat. Ada UPZ tingkat Masjid, ada tingkat Desa ada tingkat Kecamatan semuanya itu berhak menerima zakat dan semua itu akan dikembalikan kepada masyarakat di mana zakat itu terkumpul.

“Jadi kerja UPZ adalah mengumpulkan zakat lalu melakukan pendataan kepada kepada anggota masyarakat sekitar siapa saja yang berhak menerima zakat. Jadi pada dasarnya ini merupakan jalan untuk saling berbagi antar sesama sebab tidak dipungkiri ada di antara tetangga kita,  atau saudara kita yang masih sangat membutuhkan bantuan.  Di sinilah fungsi para Ami zakat mengatur dari harta-harta para Muzakki atau orang-orang yang berzakat berinfak dan bersedekah  lalu disalurkan kepada mereka yang membutuhkan,” tutup Ilham Kadir. (Sry)