Hadiri Open House Perayaan Imlek, Kakanwil Kemenag Sulsel Bersama Pimpinan Majelis Agama Sampaikan Pesan Imlek

  • Whatsapp
Hadiri Open House Perayaan Imlek, Kakanwil Kemenag Sulsel Bersama Pimpinan Majelis Agama Sampaikan Pesan Imlek

Makassar, Upeks – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan H Khaeroni bersama para pimpian majelis agama menghadiri acara open house atau Bai Nian Temu Hati Imlek 2574 yang digelar di Nusantara Hall Hotel The Rinra Makassar, Minggu 22 Januari 2023.

Dihadapan sekira 1.000 lebih undangan yang mayoritas mengenakan pakaian berwarna merah, Kakanwil Khaeroni bersama Pimpinnan Majelis Agama menyampaikan ucapan selamat hari raya Imlek secara bergantian.

Bacaan Lainnya

“Atas nama Kementeran Agama, saya mengucapkan selamat hari raya Imlek, semoga kita semua senantiasa bahagia dan sejahtera. Ini merupakan perayaan Imlek yang selama ini diharapkan oleh Kementerian Agama dimana dihadiri oleh semua unsur agama. Mudah-mudahan suasana harmoni dan kerukunan umat beragama terus terpelihara,” ucap Khaeroni.

Lebih lanjut Khaeroni menyampaikan bahwa Tahun Baru Imlek telah ditetapkan sebagai Hari Raya melalui Penetapan Pemerintah nomor 2 tahun 1946, dimana warga keturunan Tionghoa diberi kebebasan untuk berekspresi, seperti menggunakan berbahasa Mandarin, menyanyikan lagu Mandarin dan bahkan memiliki nama mandarin.

”Namun dimasa pemerintahan Soeharto dikeluarkan Inpres nomor 15 tahun 1967 tentang pembatasan agama, kepercayaan dan adat istiadat Cina, kemudian Inpres ini dicabut oleh Gusdur melalui Kepres nomor 6 tahun 2020 dan pada tanggal 19 Januari 2001 Menteri Agama mengeluarkan Keputusan No.13/2001 tentang penetapan Hari Raya Imlek sebagai Hari Libur Nasional,” urai Khaeroni mengakhiri penyampaiannya.

Ucapan selamat Tahun Baru Imlek kemudian disampaikan oleh Ketua Forum Kerukunan Umat Baragama (FKUB) Provinsi Sulawesi Selatan, Abdurrahim Yunus, dilanjutkan Ketua PGIW Sulselbara Pendeta Adrie O Massie, disusul berturut-turut Pastor Albert Arina mewakili Uskup Agung Makassar, Ketua Matakim Sulsel, Ketua PHDI Sulsel Gede Durrahman, dan Ketua Tanfidziyah NU Makassar Kaswad Sartono.

Sementara itu, Ketua Permabudhi Sulsel Yonggris Lao yang turut berdiri sepanggung dengan Kakanwil dan Pimpinan Majelis Agama, atas nama panitia mengucapkan terimakasih dan apresiasinya kepada seluruh hadirin.

“Terimakasih atas kehadirannya. Meskipun kami tidak membuat undangan karena acara ini sifatnya open house namun diperkirakan yang hadir sekira 1600 orang. Panitia tidak membuat surat undangan, hanya pemberitahuan secara informal ke pemerintah, TNI, Polri, tokoh agama, tokoh masyarakat dan masyarakat umum untuk datang bersilaturahmi Imlek,” kata Yonggris.

Untuk diketahui, kegiatan open house ini diinisiasi oleh sejumlah oragnisasi masyarakat Tionghoa yang ada di Sulsel, seperti Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI), Permabudhi, Perwanti, Inti, Perkumpulan Marga Tho, Yayasan Dharmaloka Makassar dan beberapa organisasi Tionghoa lainnya.

Sejumlah pejabat teras Sulsel hadir pada acara open house yang mengusung tema Temu Hati Imlek : Bersyukur, Bangkit, dan Maju Bersama ini, diantaranya Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen Totok Imam Santoso, Wali Kota Makassar Danny Pomanto, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan dan Rektor UNM Husain Syam. Hadir pula mantan Wakil Walikota Makassar Deng Ical, para pejabat eselon 3 Kanwil Kemenag Sulsel, Kabag TU Ali Yafid, Kabid PHU Ikbal Ismail dan Kabid Penaiszawa Abd. Gaffar. (rls)