Talkshow Expo WMK Unismuh Motivasi Mahasiswa Berwirausaha

Talkshow Expo WMK Unismuh Motivasi Mahasiswa Berwirausaha

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar Talkshow dalam kegiatan Expo Wirausaha Merdeka (WMK). Acara dihelat di Balai Sidang Unismuh Makassar, Jl Sultan Alauddin.

Kegiatan tersebut mengusung tema “Mengembangkan Kompetensi Wirausaha Berbasis Syariah Melalui WMK Menuju Indonesia Emas”.

Bacaan Lainnya
 

Talkshow menghadirkan Narasumber Ketua Komite Tetap Kadin Sulawesi Selatan Bidang Agrobisnis, Munandar Andi Batara Kusuma SH dan Ketua Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia Kota Makassar, Emir Paturusi ST. Talshow dipandu Wakil Dekan III, Muhammad Ikbal MSi.

Dalam materinya Emir Paturusi mengungkapkan rasa syukurnya atas terlaksananya acara kegiatan Expo, agar dapat mendorong kegiatan berwirausaha berbasis syariah.

“Para pedagang yang jujur dan amanah serta berlandaskan syariat islam, itulah kesuksesan yang sesungguhnya,” jelasnya.

Emir juga mengungkapkan bahwa dalam menjalankan usaha tidak harus mendzolimi orang lain dan tetap menerapkan hukum-hukum syariat islam.

“Dalam hal ini kita butuh Ilmu Fikih Muamalah agar seluruh kegiatan kita berkah dan tidak saling mendzolimi serta menjadi berkah dunia dan akhirat,” ungkapnya.

Sementara itu, Munandar Andi Batara mengungkapkan bahwa dalam berwirausaha penting menegaskan niat, karena niat menentukan apa yang bisa kita lakukan.

“Dengan nawaitu kita bisa tahu ingin mengembangkan usaha apa? Setelah niat, baru kita bisa mempelajari market atau pengembangan usaha yang cocok dilaksankan,” jelasnya.

Ia mengungkapkan bahwa setelah mempunyai produk maka perlu pemasaran yang sesuai yaitu dengan mempromosikan usaha yang dilakukan menggunakan media digital seperti sosial media.

“Dengan media tersebut kita bisa memudahkan dalam hal membeli,” ungkapnya.

Munandar juga menambahkan bahwa dalam berwirausaha harus didukung oleh pemahaman tentang perkembangan zaman, contohnya pengembangan digital bisnis.

Hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Wakil Rektor I Unismuh, Dr Abdul Rakhim Nanda; Wakil Rektor II Unismuh, Prof Andi Sukri Syamsuri; Wakil Rektor IV Unismuh, Drs Mawardi Pewangi MPdI, Anggota Badan Pembina Harian (BPH) Unismuh, Drs KH Nurdin Massi MPd.

Acara ini diikuti 1.006 Mahasiswa dan 100 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang berasal dari berbagai kampus di Indonesia.(aca).