Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Cabang Makassar Gelar Peringatan Hari HIV/AIDS

Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Cabang Makassar Gelar Peringatan Hari HIV/AIDS

 

Makassar, Upeks.co.id — Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Cabang Makassar mengadakan kegiatan dalam rangka memperingati HARI HIV/AIDS Se-Dunia 1 Desember. Kegiatan berupa sosialisasi dan edukasi tentang bahayanya penyakit menular seksual, hindari seks bebas, terhindar dari HIV/AIDS.

Bacaan Lainnya
 

Kegiatan ini diadakan di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II A Sungguminasa, Kab. Gowa.

Edukasi dan sosialisasi ini tentu saja untuk mencegah terjadinya kasus Penyakit menular seksual yang terjadi dalam Lapas Perempuan yang tentu saja kemungkinan bisa menjadi HIV/AIDS.

Kita ketahui berbahayanya penyakit HIV (Human Immunodeficiency Virus) yang menyerang sistem kekebalan tubuh yang dapat melemahkan kemampuan tubuh melawan infeksi dan penyakit, serta AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) yang merupakan kondisi di mana HIV sudah pada tahap infeksi akhir. Ketika seseorang sudah mengalami AIDS, tubuh tidak lagi memiliki kemampuan untuk melawan infeksi yang ditimbulkan.

Selain penjelasan tentang penyakit Penyakit menular seksual dan HIV/AIDS yang materinya di paparkan langsung oleh KETUA PERDOSKI Cabang Makassar Dr.dr.Muji Iswanty, SH,MH,Sp.KK,M.Kes, C.Med, juga diberikan pengetahuan tambahan tentang bagaimana memilih kosmetik yang aman , walaupun mereka di dalam LAPAS. Karena ada juga dari warga binaan yang melakukan kegiatan meracik krim sendiri tanpa mengetahui Komposisi dari Krim tersebut.

Diakhiri dengan Pemaparan dari Bendahara PERDOSKI Cabang Makassar dr. Nurul Rumila Roem , M.Kes, Sp.KK tentang Penyakit SKABIES mengatakan, penting kami lakukan penjelasan dan edukasi karena dalam LAPAS, seluruh warga binaan harus mengetahui bagaimana hidup sehat dan menjaga kebersihan diri dan lingkungannya.

Besar harapan dari PLT Kepala Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II A Sungguminasa Ibu Yohani Widayati, Amd, IP.,SH,MH, untuk melakukan kegiatan ini secara berkesinambungan karena penghuni LAPAS akan bertambah dan berganti , sehingga semuanya tetap harus di berikan edukasi dan sosialisasi tentang Penyakit menular seksual, HIV/AIDS, bahaya dari Krim Racikan dan penyakit SKABIES.
Dalam Kegiatan Anggota PERDOSKI Cabang Makassar yaitu dr. Sri Rubiaty Sembiring,Sp.KK,M.Kes, dr. Irene Mariani, Sp.KK, dr. Nurul Athirah, SpDV juga membagikan Flyer untuk dapat di baca oleh Warga Binaan tentang Penyakit menular seksual, HIV/AIDS. Semoga kegiatan ini bermanfaat dan bisa mencegah penularan kasus kasus Penyakit menular seksual dan HIV/AIDS , ujar KETUA PERDOSKI Cabang Makassar Dr.dr.Muji Iswanty, SH,MH,Sp.KK,M.Kes, C.Med mengakhiri percakapan di LAPAS PEREMPUAN BOLANGI SUNGGUMINASA. (rls)