Dinas PPK UKM Soppeng Gelar Sosialisasi Pengawasan Pupuk dan Pestisida

Dinas PPK UKM Soppeng Gelar Sosialisasi Pengawasan Pupuk dan Pestisida

SOPPENG,UPEKS.co.id— Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM Kabupaten Soppeng melakukan kegiatan sosialisasi Pengawasan Pupuk dan Pestisida di Aula kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Soppeng.

Ketua panitia, Zaenab dalam laporannya menyampaikan bahwa sosialisasi pengawasan pupuk dan pestisida merupakan keputusan Bupati Soppeng tentang pengawasan Pupuk dan Pestisida tahun anggaran 2022.

Bacaan Lainnya

“Yang namanya stabilisasi harga kebutuhan pokok serta mengharapkan dalam peredaran Pupuk dan Pestisida lebih terjamin dan berkualitas,” katanya.

Sementara, Wakil Bupati Soppeng, Ir. Lutfi Halide menyampaikan kegiatan ini sangat penting untuk dilakukan.

“Sekarang kita hadapi kondisi sangat sulit, diantaranya krisis keuangan sehingga kita duduk berdiskusi dan posisikan diri sesuai kewenangan masing-masing,” ungkap Lutfi.

Lutfi juga mengingatkan kepada distributor penyalur dan kios bahwa jabatan harus dipertanggungjawabkan dunia akhirat, maka dari itu harus berhati-hati karena pupuk bersubsidi disalurkan dengan kartu tani.

“Saya tidak mau gara-gara aturan ini tidak optimal sehingga rakyat menderita dan jangan sampai salah urus,” tegasnya.

“Saya minta kepada distributor agar memecat pengecer kalau ada yang melayani tidak sesuai RDKK dan petani yang dapat pupuk bersubsidi yang garapannya sampai 2 hektar,” sambungny.

Lebih lanjut, keterlibatan instansi terkait di bidang pupuk dan pestisida dalam komisi pengawasan, diharapkan permasalahan peredaran dan penggunaan pupuk dan pestisida yang terjadi di daerah dapat diatasi secara cepat dan tepat.

“Karena kenyataan di lapangan masih ditemukan permasalahan mengenai pupuk dan pestisida sehingga perlu ditingkatkan pengawasannya,” jelasnya.

Selain itu, KPPP diharapkan agar melakukan pengawasan secara berkesinambungan dan terkoordinir, serta memberi sanksi kepada pihak yang melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku. (Min)