Tawarkan Layanan Kencan Bertarif Rp2 Juta Lewat WhatsApp Serta Ada Selegram, Mucikari di Makassar Tertangkap

Tawarkan Layanan Kencan Bertarif Rp2 Juta Lewat WhatsApp Serta Ada Selegram, Mucikari di Makassar Tertangkap

MAKASSAR,UPEKS.co.id— Anggota Sat Resmob Ditreskrimum Polda Sulsel, mengungkap tindak pidana perdagangan orang terhadap dua wanita, di Hotel Whiz Prime, Jl Sultan Hasanuddin Kecamatan Ujung Pandang, Makassar.

Dua pelaku perdagangan orang atau sebagai mucikari berhasil diamankan polisi. Keduanya yakni lelaki Ijas (25) warga Jl Sabutung, Makassar dan perempuan Firdani (32) warga Jl Satando, Makassar.

Bacaan Lainnya

Keduanya ditangkap saat menjual dua wanita ke pria hidung belang. Dua wanita yang dijual pria itu masing-masing berinisial DN (23) warga Kelurahan Panampu dan PI (20) warga Kelurahan Rappokalling.

Penangkapan itu berawal saat anggota Resmob berhasil mengidentifikasi keberadaan lelaki Ijas dan Firdani di Hotel Whiz Prime. Dimana pelaku Ijas berperan memfasilitasi perempuan DN untuk bertemu dengan calon pelanggannya.

Namun, pelaku Ijas terlebih dahulu menghubungi pelaku Firdani, lalu memasang tarif sebesar Rp2.000.000 dan Firdani mendapatkan upah senilai sebesar Rp200.000.

Anggota Sat Resmob langsung bergegas ketempat yang dimaksud dan berhasil mengamankan lelaki Ijas dan perempuan Firdani. Termasuk dua korban perempuan yakni PI dan DN. 

Kasat Resmob Polda Sulsel, Kompol Dharma Negara menyebut, saat diinterogasi pelaku Ijas mengakui perbuatannya telah melakukan tindak pidana perdagangan orang dengan cara memasarkan perempuan DN dan PI kepada pelanggan. 

“Saat menjalankan aksinya, pelaku Ijas menerima calon pelanggannya menggunakan aplikasi WhatsApp dengan mematok tarif sebesar Rp2.000.000,” sebut Dharma.

Dharma menjelaskan, pelaku Ijas mengaku menelpon perempuan Firdani untuk mempertemukan calon pelanggannya kepada wanita DN, karena Ijas masih ada pekerjaan. Pelaku Firdani pun memasang tarif Rp2.000.000 tanpa sepengetahuan DN.

“Saat diinterogasi, DN dan PI pun mengakui tidak mengetahui berapa tarif yang ditetapkan oleh Firdani untuk melayani calon pelanggannya,” jelas Perwira Polri satu bunga ini.

Pelaku lanjut Dharma, sebelumnya pernah memfasilitasi perempuan PI dengan calon pelanggannya di salah satu Hotel di Makassar. Pelaku sudah beberapa kali melakukan tindakannya dengan korban selebgram Makassar. 

“Tapi Ijas ini hanya mau melakukan negosiasi dengan para tamu yang sudah dikenal dan dipercaya,” lanjut Dharma, Minggu (13/11/22).

Adapun barang bukti yang diamankan, empat buah Handphone berbagai merek. Untuk tindak lanjut proses penyidikan, akan diserahkan ke Subdit Renakta Ditreskrimum Polda Sulsel. (Jay)