Pemkab Torut Gelar Pelatihan Diversifikasi Produk Anyaman Bagi Pelaku UMKM

Pemkab Torut Gelar Pelatihan Diversifikasi Produk Anyaman Bagi Pelaku UMKM

TORUT,UPEKS.co.id— Pemkab Toraja Utara melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM (Disperindagkop UMKM) Kabupaten Toraja Utara melaksanakan Pelatihan Diversifikasi Produk Anyaman Tuyu DAK Non Fisik 2022 di Lembang Kapolang, Kecamatan Dende Piongan Napo (DENPINA), Selasa (15/11/2022).

Pelatihan yang digelar selama 9 hari mulai 15-23 November 2022 dibuka oleh Bupati Toraja Utara mewakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, D.T, Rantetasak, yang didampingi Kadis Perindagkop UMKM Amos.H, Patallo.

Bacaan Lainnya

Bupati Toraja Utara, yang mewakili Staf Ahli Setda Torut, D.T, Rantetasak, menyampaikan permohonan maaf atas ketidak hadiran bapak Bupati namun beliau menitip pesan dan salam kepada para peserta yang telah mengikuti kegiatan pelatihan selama 9 hari, dan berharap peserta yang ikut pada pelatihan agar secara serius dan tekun dalam menimba ilmu apa yang diberikan oleh instruktur selama pelatihan, “ujar Rantetasak, dalam pesan Bupati Yohanis Bassang.

D.T, Rantetasak juga berharap para peserta yang ikut dalam pelatihan agar dapat menerapkan ilmunya ditengah-tengah masyarakat, dimana anyaman Tuyu yang dihasilkan nanti lebih maksimal, bila perlu mampu meningkatkan daya produksi, “harap Rantetasak.

Senada apa yang disampaikan oleh Staf Ahli. “Melalui kegiatan ini,  Kadis Perindagkop UMKM, Amos H. Patolla mengharapkan agar peserta mampu menerapkan ilmu yang diterima sebab Kementerian telah menggelontorkan anggaran untuk pembangunan sumber daya manusia melalui pelatihan ini, “jelas Amos H. Patallo.

Adapun sebagai laporan panitia penyelenggara yang disampaikan oleh Kabid Perindustrian Disperindagkop & UMKM, Suryati Bulo, ST.

Dalam isi laporannya “dasar pelaksanaan kegiatan dari DPA Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi UKM yang anggarannya bersumber dari APBN Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik Kementrian Perindustrian melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, UKM Kab. Toraja Utara tahun anggaran 2022”.

“Dasar kegiatan berdasarkan Petunjuk teknis No. 5 tahun 2022 tentang penguatan kapasitas kelembagaan sentra industri kecil dan industri menengah melalui dana alokasi khusus non fisik tahun 2022 dan peserta pelatihan diikuti sebanyak 30 orang yang merupakan Perwakilan dari kelompok pengrajin tuyu yang ada di kecamatan Denpina”, tambahnya.

“Tujuan kegiatan ialah memberikan pengetahuan dan kemampuan serta keterampilan para pengrajin Anyaman Tuyu, mendukung pelaku usaha dalam peningkatan dan pengembangan produk kerajinan dan meningkatkan daya saing produk di pasar lokal, “kunci Suryati Bulo.

Tampak hadir dalam acara pembukaan, Camat Denpina Marthen M. Sanning,  instruktur Balai Besar Batik dan anyaman Jogja, kepala Lembang Kapolang Benyamin Appang, para Staf Disperindagkop, dan peserta pelatihan. (far)