Model Pembelajaran Advance Organizer dengan Pendekatan Saintifik, Dosen PGSD FKIP UIM Raih Gelar Doktor

Model Pembelajaran Advance Organizer dengan Pendekatan Saintifik, Dosen PGSD FKIP UIM Raih Gelar Doktor

 

Makassar, Upeks.co.id — Dosen program Studi PGSD FKIP berhasil memeroleh gelar doktor di Universiitas Negeri Makassar. Selasa 15 November 2022 di Aula Gedung AD lantai 5 Pascasarjana Universitas Negeri Makassar, Jl. Bonto Langkasa (Kampus Barat UNM)

Bacaan Lainnya

Nur Afni, S.Pd., M.Pd yang merupakan dosen prodi PGSD FKIP Universitas Islam Makassar berhasil mempertahankan disertasi di depan penguji yang berjudul “Pengembangan Model Pembelajaran Advance Organizer dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognitif Mahasiswa “.

Dalam risetnya promopendes menyatakan bahwa perlunya pengembangan model pembelajaran Advance Organizer dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan metakognitif mahasiswa. Hasil uji validasi menunjukkan bahwa buku model, panduan pengajaran dosen dan mahasiswa, perangkat pembelajaran dan beberapa angket penelitian dinyatakan sangat valid berdasarkan penilaian para pakar.

Hasil uji kepraktisan juga menyatakan bahwa model ini terbukti sangat praktis, mudah dan menyenangkan dalam menggunakannya berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran dan angket respon dosen dan mahasiswa. Selain itu, model pembelajaran advance organizer dengan pendekatan saintifik dinyatakan “efektif” berdasarkan hasil pengujian kemampuan metakognitif mahasiswa, respon positif oleh mahasiswa dan dosen serta mampu mendatangkan output akhir sesuai dengan target atau tujuan yang diharapkan yakni meningkatkan kemampuan metakognitif mahasiswa.

Nilai kebaruan (novelty) yang dicapai dalam penelitian ini adalah berhasil mengembangkan produk berupa buku model pembelajaran advance organizer dengan pendekatan saintifik yang dikhususkan bagi mahasiswa di perguruan tinggi. Selain itu, produk yang berhasil dikembangkan adalah bahan ajar, rencana pembelajaran semester (RPS), lembar kerja mahasiswa (LKM), dan rancangan tes hasil belajar mahasiswa. Selain bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam pembelajaran, pengembangan model advance organizer ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan metakognitif mahasiswa, tambah Nur Afni.

Dosen prodi PGSD FKIP Universitas Islam Makssar tersebut dinyatakan lulus dengan IPK 3,95 dengan predikat kelulusan pujian atau Cum Laude. Prof. Dr. H. Hamsu Abdul Gani, M.Pd selaku promotor menyatakan salut dan bangga kepada Dr. Nur Afni karena berhasil memertahankan disertasinya dan telah dipresentasikan dengan baik. Beliau berharap agar riset ini di manfaatkan untuk perbaikan mutu dan kualitas pendidikan khususnya di Kota Makassar, risetnya terus dikembangkan dimasa yang akan datang serta senantiasa menjunjung karakter dalam berinteraksi dengan masyarakat.

Badruddin Kaddas, M.Ag., Ph.D sebagai dekan FKIP UIM yang turut hadir dalam promosi tersebut mengatakan bahwa beliau sangat bangga dan bahagia atas capaian yang telah diperoleh Ibu Dr. Nur Afni, M.Pd sebagai salah satu dosen prodi PGSD FKIP UIM meraih gelar Doktor, maha terpelajar, yang merupakan gelar tertinggi pendidikan atau yang ditempuh dalam waktu 3 tahun 5 bulan dan berhasil meraih gelar doktor di usia 31 tahun.

Dosen FKIP melanjutkan studi ini merupakan salah satu rencana strategis (Renstra) yang diinternalisasikan dalam Rencana Oprasional (RENOP) untuk mencapai target 90% dosen FKIP UIM berkualifikasi doktor pada tahun 2025. Selain itu, capaian ini diharapkan dapat memacu ketercapaian Indikator Kinerta Utama (IKU) FKIP UIM dan memacu ketercapaian akreditasi unggul baik prodi maupun universitas. Tambah Badruddin Kaddas yang merupakan Doktor dari Negeri Jiran tersebut.

Turut hadir dalam promosi Doktor tersebut Dekan FKIP UIM bapak Badruddin Kaddas, M.Ag., Ph.D, bapak Wakil Dekan II FKIP UIM Ibu Sri Hastati, S.E., M.Pd, Wakil Dekan III FKIP UIM bapak Ince Prabu Setiawan Bakar, S.Pd., M.Pd, Ketua Prodi PGSD bapak Erwin Nurdiansyah, Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Ibu Jusmaniar. N, S.Pd., M.Pd, Ketua Prodi PG-PAUD bapak Nasaruddin R, S.Pd., M.Pd, Ketua Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Ibu Erniati, S.Pd., M.Pd, para dosen, dan tenaga kependidikan lingkup UIMDalam risetnya promopendes menyatakan bahwa perlunya pengembangan model pembelajaran Advance Organizer dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan metakognitif mahasiswa.

Hasil uji validasi menunjukkan bahwa buku model, panduan pengajaran dosen dan mahasiswa, perangkat pembelajaran dan beberapa angket penelitian dinyatakan sangat valid berdasarkan penilaian para pakar. Hasil uji kepraktisan juga menyatakan bahwa model ini terbukti sangat praktis, mudah dan menyenangkan dalam menggunakannya berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran dan angket respon dosen dan mahasiswa.

Selain itu, model pembelajaran advance organizer dengan pendekatan saintifik dinyatakan “efektif” berdasarkan hasil pengujian kemampuan metakognitif mahasiswa, respon positif oleh mahasiswa dan dosen serta mampu mendatangkan output akhir sesuai dengan target atau tujuan yang diharapkan yakni meningkatkan kemampuan metakognitif mahasiswa.

Nilai kebaruan (novelty) yang dicapai dalam penelitian ini adalah berhasil mengembangkan produk berupa buku model pembelajaran advance organizer dengan pendekatan saintifik yang dikhususkan bagi mahasiswa di perguruan tinggi.

Selain itu, produk yang berhasil dikembangkan adalah bahan ajar, rencana pembelajaran semester (RPS), lembar kerja mahasiswa (LKM), dan rancangan tes hasil belajar mahasiswa. Selain bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam pembelajaran, pengembangan model advance organizer ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan metakognitif mahasiswa, tambah Nur Afni.

Seusai menjawab semua pertanyaan dan sanggahan dewan penguji, Dosen prodi PGSD FKIP Universitas Islam Makssar tersebut dinyatakan lulus dengan IPK 3,95 dengan predikat kelulusan pujian atau Cum Laude.

Prof. Dr. H. Hamsu Abdul Gani, M.Pd selaku promotor menyatakan salut dan bangga kepada Dr. Nur Afni karena promefenda berhasil memertahankan disertasinya dan telah dipresentasikan dengan baik. Beliau berharap agar riset ini di manfaatkan untuk perbaikan mutu dan kualitas pendidikan khususnya di Kota Makassar, risetnya terus dikembangkan dimasa yang akan datang serta senantiasa menjunjung karakter dalam berinteraksi dengan masyarakat.

Badruddin Kaddas, M.Ag., Ph.D sebagai dekan FKIP UIM yang turut hadir dalam promosi tersebut mengatakan bahwa beliau sangat bangga dan bahagia atas capaian yang telah diperoleh bapak Dr. Nur Afni, M.Pd sebagai salah satu dosen prodi PGSD FKIP UIM meraih gelar Doktor, maha terpelajar, yang merupakan gelar tertinggi pendidikan atau yang ditempuh dalam waktu 3 tahun 5 bulan dan berhasil meraih gelar doktor di usia 31 tahun.

“Semoga ini akan menjadi spirit, buat teman dosen yg di FKIP, Untuk melanjutkan pendidikan dijenjang S3, sebagai komitmen FKIP UIM dalam memajukan pendidikan” jelas Alumni negeri Jiran Ini.(rls)