Makassar, Upeks.co.id – Hari (30) merupakan Peserta Penerima Upah Badan Usaha (PPU BU) kelas dua Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang telah memanfaatkan kepesertaan JKN miliknya berobat di fasilitas kesehatan mitra Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan, Rabu (22/11).
“Kepesertaan JKN saya yang ditanggung tempat kerja, menurut saya pelayanan peserta JKN mudah tidak ada yang ribet jadi untuk dipergunakannya bisa kapan saja di klinik,” jelas Hari.
Dirinya mengakui bahwa ia menggunakan antrean online pada Aplikasi Mobile JKN, sehingga tidak perlu lagi menunggu lama saat akan berobat di klinik. Ia menambahkan cukup datang saja saat mendekati nomor antreannya.
“Saya sering menggunakan antrean online di Aplikasi Mobile JKN setiap akan berobat ke klinik, jadi tidak perlu lagi mengantre lama. Jadi sudah bisa melihat jadwal dokter yang ada,” ungkap Hari.
Ia merasa perkembangan dalam mengakses secara digitalisasi ini lebih memudahkan dan menghemat waktu peserta ketika akan menggunakan pelayanan kesehatan JKN.
“Smartphone apa saja bisa digunakan untuk mengakses Mobile JKN ini, tidak ada merk tertentu karena istri saya juga punya di smartphonenya dan tidak sama dengan punya saya,” ungkap Hari.
Hari mengimbau agar bagi masyarakat yang belum menggunakan Mobile JKN dapat segera mendownloadnya di smartphonenya, agar kualitas pelayanan kesehatan dapat di akses kapan saja dibutuhkan.
“Jadi tidak lagi perlu ada keluhan lama menunggu antrean karena JKN fasilitasnya sudah dipermudah dapat diakses kapan saja dimana saja cukup dengan smartphone bisa mengakses pelayanan kesehatan tanpa buang-buang waktu,” ucap Hari.
Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Makassar, Greisthy E. L. Borotoding mengatakan BPJS Kesehatan senantiasa meningkatkan mutu layanan Program JKN, salah satunya dengan digitalisasi layanan kepesertaan melalui antrean online pada aplikasi Mobile JKN.
“Antrean online ini didesain untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan fasilitas kesehatan. Inovasi ini dapat dengan mudah diakses melalui smartphone, sehingga waktu tunggu menjadi singkat,” jelas Greisthy.
Menurut Greisthy, fitur antrean online pada Mobile JKN telah banyak dimanfaatkan dengan baik oleh peserta dan telah diterapkan oleh seluruh fasilitas kesehatan mitra kerja sama penyelenggara pelayanan kesehatan Program JKN, baik di tingkat pertama maupun di rumah sakit. (Ti)