Menag Ingatkan Moderasi Beragama

Menag Ingatkan Moderasi Beragama

Makassar, Upeks.co.id — Menteri agama republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas, kembali ingatkan pentingnya Moderasi Beragama, dalam menjalankan kehidupan beragama dan berbangsa ditengah masyarakat.

Hal ini disampaikan dihadapan ribuan tokoh Agama yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan, pada acara silaturrahmi bersama tokoh Agama provinsi Sulawesi Selatan, Minggu (13/11/2022) di Aula Arafah Asrama Haji Sudiang Makassar.

Bacaan Lainnya
 

Menurutnya, Moderasi Beragama bukan agamanya yang dimoderasi, tapi perilaku kita dalam beragama itu yang dimoderasi, agar tidak terlalu ekstrim ke kanan dan tidak terlalu kekiri, karena pada perinsipnya Agama itu memang berada ditengah-tengah, dan pastinya tidak ada agama yang menghendaki pengikutnya bersikap extrem, ujarnya.

Lebih lanjut Menag menambahkan bahwa, Tuhan itu mencintai dan menyukai kasih sayang, namun terkadang kita menemukan umat yang mengaku beragama, tapi melakukan kekerasan-kekerasan kepada umat lain.

“Dulu orang saling mengasihi karena agama, Tuhan mengajarkan kita untuk saling mengasihi satu sama lain, karena kita berpegang kepada nilai-nilai agama, tetapi sekarang kita lihat banyak orang berselisih karena beda agama,” tuturnya.

Diakhir arahannya, Menag mengingatkan agar para tokoh agama memberikan pemahaman kepada umatnya, agar memahami hakekat dari agama itu diturunkan.

“Saya kembali ingatkan, demi umat bergama dan demi agama yang kita pegang kuat keyakinannya, demi bangsa dan negara ini, tolong sampaikan kepada umat bapak ibu sekalian agar menyikapi agama sebagaimana dulu diturunkan dan dituntunkan bagi umat manusia”, pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut, Menag juga meresmikan 2 Gedung Pusat Pelayanan Haji dan umrah terpadu (PLHUT), 5 Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji, serta 2 Gedung IAKN Toraja, yang ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas, didampingi Kakanwil Kemenag Sulsel H. Khaeroni, H. Ashabul Kahfi Anggota DPRI dari Komisi IIV, Ketua MUI Sulsel, KH. Najamuddin beserta Tokoh Lintas Agama.

Adapun kantor yang diresmikan adalah Kantor Urusan Agama Kecamatan Wasuponda kabupaten Luwu Timur, Kecamatan Baebunta Kabupaten Luwu Utara, Kecamatan Pattalassang Kabupaten Gowa, Kecamatan Sabbang paru kabupaten Wajo, kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang, PLHUT kabupaten Jeneponto, kabupaten Luwu, dan Gedung rektorat dan pasca sarjana IAKN Toraja