FKIP UIM Mengadakan Pembekalan Magang Mahasiswa

  • Whatsapp
FKIP UIM Mengadakan Pembekalan Magang Mahasiswa

Makassar, Upeks.co.id — Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan mengadakan kegiatan pembekalan Magang di lantai 3 FKIP UIM pada hari Kamis 24 November 2022. Kegiatan ini diikuti oleh Mahasiswa di 4 Program Studi yaitu Mahasiswa Prodi PGSD, PG PAUD , Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, dan Pendidikan Bahasa Inggris. Kegiatan pembekalan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa sebelum melakukan praktik mengajar atau magang di satuan Pendidikan dan juga mengaplikasikan ilmu atau teori mengajar atau belajar dan pembelajaran yang didapatkan di bangku kuliah, selain mengaplikasikan praktik mengajar tentu juga mahasiswa dapat mengadakan kegiatan menyusun media pembelajaran dan menysun RKH atau RPP sebagai salah satu perangkat pembelajaran yang digunakan sebelum melaksanakan proses belajar mengajar.

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Badruddin Kaddas, M.Ag.,Ph.D. yang membuka acara pembekalan Magang Mahasiswa menyampaikan bahwa Kegiatan Pembekalan Praktik Magang ini sebagai tahap awal dalam mempersiapkan diri mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan di bangku kuliah , selain itu pendidikan dan pembelajaran akan berkembang seiring dengan perubahan zaman di abad ke-21 ini, pembelajaran tidak hanya berpusat pada kemampuan kognitif, tetapi juga mencakup sejumlah keterampilan personal dan sosial. Keterampilan tersebut dikenal dengan istilah 4C Pembelajaran Abad 21: critical thinking, creativity, collaboration, dan communication.

Bacaan Lainnya

Keterampilan 4C Pembelajaran Abad 21 ini harus dimiliki peserta didik dari seluruh jenjang pendidikan, termasuk anak-anak usia Taman Kanak-Kanak (TK) yang baru memasuki dunia bermain dan belajar. Selain diterapkan oleh guru atau pendidik di sekolah, keterampilan tersebut sebenarnya dapat juga dikembangkan oleh orang tua di rumah. Salah satunya dengan cara stimulasi strategi belajar anak .

WD 1 FKIP UIM Supriadi, S.Pd.,M.Pd.yang juga membawakan materi terkait Pembekalan Magang mahasiswa mengatakan bahwa kegiatan Magang ini sebagai tahapan akademik yang harus dilalui oleh mahasiswa di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan juga Magang ini wajib diikuti sebelum menyelesaikan studi akhir akademik mahasiswa.

Kegiatan Pembekalan ini dirangkaikan dengan Shalat Ashar berjamaah di lantai 3 FKIP dan dilanjutkan zikir bersama dosen pembimbing mahasiswa bersama mahasiswa yang akan mengadakan Praktik Mengajar .

Kegiatan Magang ini dilaksanakan sampai 5 Januari tahun 2023 atau 45 hari di satuan pendidikan . Dalam kegiatan magang mahasiswa, mahasiswa tidak hanya melaksanakan pembelajaran dikelas saja, tetapi berbagai kegiatan pendamping juga dilaksanakan, seperti seminar, pelatihan native speaker yang melibatkan siswa maupun guru, pelatihan pembuatan media pembelajaran, pelatihan menyusun RPP atau RKH Setelah selesai kegiatan praktik mengajar mahasiswa akan ditarik kembali untuk melanjutkan studi di kampus di FKIP UIM.

Sadaruddin , S.Pd.,MPd. Sebagai dosen pendamping mahasiswa mengatakan Praktik Magang Mahasiswa ini merupakan kegiatan praktik yang dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan pendidikan dengan cara menerapkan pengetahuan dan keterampilan tentang kependidikan yang sebelumnya telah dipelajari selama kuliah ke dalam praktik mengajar di dunia nyata, selain itu Melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran, yang selanjutnya dapat dipakai sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga pendidik yang profesional yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam profesinya.

Turut hadir dalam pembekalan magang mahasiswa yaitu Wakil Dekan II FKIP Sri Hastati, S.E.,M.Pd. WD III FKIP Ince Prabu Setiawan, S.Pd.,M.Pd. Ketua Prodi PGSD Erwin Nurdiansyah, S.Pd.M.Pd.Ketua Prodi PG PAUD Nasaruddin, S.Pd.,M.Pd., Ketua Prodi PBSI Erniati ,S.Pd.,M.Pd. Ketua Prodi PBI Jusmaniar, S.Pd.,M.Pd. dan para dosen pendamping lapangan magang mahasiswa FKIP UIM.(rls)