Bangun Generasi Baru Siaga Bencana, PMI Makassar Gelar SSB di Sejumlah Sekolah

Bangun Generasi Baru Siaga Bencana, PMI Makassar Gelar SSB di Sejumlah Sekolah

Makassar,Upeks.co.id— Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar, melaksanakan kegiatan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) atau Sekolah Siaga Bencana (SSB) yang menjadi salah satu bagian upaya mitigasi bencana pada sektor pendidikan yang dilakukan di Sekolah-Sekolah, sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Program Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB).

Program ini sudah dijalankan sejak 2014 yang diinisiasi oleh PMI Kota Makassar dengan nama sekolah siaga bencana (SSB). Pemerintah Kota Makassar menindaklanjuti dengan menunjuk 15 Sekolah sebagai pilot project SSB.

Bacaan Lainnya

Tujuan diadakannya SPAB/SSB adalah untuk memberikan edukasi dan membangun generasi baru yang siaga bencana sejak dini, serta lingkungan yang aman dan sehat di sekolah.

Kegiatan SPAB/SSB dilaksanakan di 10 sekolah selama bulan November 2022 dengan jumlah pertemuan tujuh kali tiap sekolah.

Adapun nama nama sekolah untuk pelaksanaan SPAB/SSB yakni SMK Negeri 1 Makassar, SMK Negeri 7 Makassar, SMK Negeri 8 Makassar, SMK Negeri 10 Makassar, SMK Penerbangan Techno Terapan Makassar, SMA Cokroaminoto Tamalanrea Makassar, MAN 2 Kota Makassar, SMP Negeri 12 Makassar, SMP Negeri 13 Makassar dan SLB Negeri 1 Makassar

Kegiatan yang diajarkan kepada siswa berupa bimbingan dan pengetahuan cara penyelamatan bencana gempa bumi dan bencana lainnya.

Ketua PMI Makassar DR Syamsu Rizal MI, berharap setelah kegiatan ini warga sekolah dapat melaksanakan kegiatan SPAB dengan memperhatikan tiga pilar SPAB.

“Ketiganya itu adalah fasilitas sekolah aman bencana, manajemen bencana di sekolah dan pendidikan pencegahan dan pengurangan risiko bencana,” ucapnya. (***)