Aliyah Mustika: Pengaruh Kondisi Infrastruktur Sanitasi dan Air Bersih Terhadap Stunting

Aliyah Mustika: Pengaruh Kondisi Infrastruktur Sanitasi dan Air Bersih Terhadap Stunting

Pangkep,Upeks.co.id— Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham kunjungi Kabupaten Pangkep, guna berikan sosialisasi gerakan masyarakat hidup sehat (Germas), sebagai upaya penurunan stunting.

“Stunting sangat dipengaruhi dengan pola hidup, dan juga kondisi lingkungan seperti sanitasi dan ketersediaan air bersih,” ujar Aliyah Mustika Ilham, Kamis (10/11/2022).

Bacaan Lainnya

Kondisi infrastruktur sanitasi dan akses air minum, harus berpasangan, sehingga perlu adanya perencanaan yang baik. Selain itu keterlibatan masyarakat dan budaya pada masyarakat juga harus diperhatikan agar berkelanjutan dan memberi manfaat.

Sosialisasi ini bermitra dengan Kementerian Kesehatan RI, mengajak masyarakat secara bersama menangani stunting yang harus dilaksanakan secara inklusif melalui intervensi yang tepat.

“Intervensi dimulai dari remaja, ibu hamil hingga balita. Pemberian pemahaman kepada adik-adik remaja, sebagai calon ibu, agar nantinya mereka siap menjadi ibu cerdas, dan melahirkan anak-anak sehat,” ujar Aliyah Mustika dihadapan pengurus TP PKK Kab Pangkep, selaku peserta sosialisasi.

Dalam sosialisasi ini menghadirkan perwakilan Direktorat Kesehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan RI, M. Haris Supiantoro. Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga Dinas Kesehatan Prov Sulsel, H Aldi Andika Saputra, S.Kep, NERS,M.Admib Kes, dan Kepala Bidang Bina Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kab Pangkep, dr H Muhammad Ishaq. (Mimi)