Walikota Kendari Apresiasi Komitmen BPJS Kesehatan Mudahkan Akses Pelayanan

Walikota Kendari Apresiasi Komitmen BPJS Kesehatan Mudahkan Akses Pelayanan

Kendari, Upeks.co.id – Walikota Kendari, Sulkarnain Kadir menagpresiasi komitmen BPJS Kesehatan yang ikut serta dalam pemberian pelayanan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Kendari. Sulkarnain menyampaikan bahwa kolaborasi antar instansi yang memiliki tugas dan fungsi dalam bidang pelayanan publik menjadi kunci untuk mewujudkan pelayanan terpadu dan terintegrasi bagi masyarakat Kota Kendari.

“Tentunya untuk mewujukan pelayanan terpadu dibutuhkan kolaborasi bersama. Alhamdulillah beberapa instansi telah menunjukkan komitmen untuk menyukseskan hal tersebut. Tentunya sebagai pemerintah kota, saya menyampaikan apresiasi kepada instansi yang telah berkomitmen,” ujar Sulkarnain di sela-sela Kegiatan Perjanjian Kerja Sama dengan Walikota Kendari terkait Pemberian Layanan di MPP, Rabu (31/08).

Bacaan Lainnya

Dirinya mengatakan, MPP Kota Kendari akan mulai memberikan pelayanan kepada masyarakat pada bulan oktober mendatang. Saat ini pihak Pemerintah Kota Kendari masih merampungkan proses penandatangan kerja sama dengan seluruh instansi yang akan berpartisipasi pada kegiatan tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kendari, Ivan Ravian menyampaikan bahwa pihaknya selalu mendukung integrasi pelayanan yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Kota melalui MPP tersebut.

“BPJS Kesehatan tentu sangat mendukung setiap kegiatan yang tujuannya adalah memberikan kemudahan pelayanan bagi masyarakat. Hal ini sangat sejalan dengan upaya BPJS Kesehatan untuk meningkatkan kualitas layanan penyelenggaraan Program JKN,” ujar Ivan.

Dirinya menambahkan, kehadiran BPJS Kesehatan di MPP Kota Kendari membuka akses bagi masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan administrasi kepesertaan JKN. Menurutnya, ada beberapa pelayanan yang dihadirkan BPJS Kesehatan dlam MPP tersebut.

“Pada stand MPP BPJS Kesehatan nantinya terdapat 3 jenis layanan yang dapat diakses oleh masyarakat. Yakni pendaftaran kepesertaan, perubahan data, serta pemberian informasi dan pelayanan pengaduan. Ketiga jenis layanan tersebut merupakan layanan yang paling banyak diakses oleh peserta ataupun masyarakat di kantor BPJS Kesehatan,” ungkapnya.

Selain itu, ivan menambahkan bahwa untuk lebih memudahkan masyarakat, BPJS Kesehatan saat ini sedang giat-giatnya mendorong digitalisasi layanan. Dengan begitu, bagi masyarakat yang tidak memiliki waktu atau kesempatan untuk datang ke Kantor BPJS Kesehatan ataupun MPP Kota Kendari, mereka tetap dapat mengakses pelayanan administrasi melalui gadget.

“Adapun layanan tersebut dapat diakses melalui Pplikasi Mobile JKN dan melalui aplikasi WhatsApp pada nomor 08118165165,” tutup Ivan.