Sarana dan Prasarana Fasilitas Kesehatan Terpenuhi, Pelayanan Terhadap Peserta JKN Semakin Baik

Konawe, Upeks.co.id– Pemerintah Kabupaten Konawe bersama dengan BPJS Kesehatan Cabang Kendari berkomitmen untuk memastikan pemenuhan sarana dan prasarana di fasilitas kesehatan dalam rangka memastikan optimalisasi pelayanan kepada masyarakat.

Bacaan Lainnya

Asisten II Kabupaten Konawe, Muh Akbar menyampaikan bahwa upaya pemenuhan sarana dan prasarana harus disandingkan dengan kebutuhan masyarakat yang mengakses layanan di fasilitas kesehatan baik itu di Puskesmas maupun di rumah sakit.

“Kebutuhan sarpras ini sangat penting karena berkaitan langsung dengan layanan yang akan diberikan kepada pasien. Selain standarisasi sarpras bagi rumah sakit dan puskesmas, kita harus menyandingkan ketersediaan sarpras dengan kebutuhan pasien,” ujar Akbar dalam kegiatan Monitoring dan Evaluasi atas Penyediaan Fasilitas kesehatan (Faskes), Sarana Prasarana dan SDM FKRTL dengan Pemangku Kepentingan Tingkat Kabupaten Konawe, Selasa (07/09).

Ia menambahkan bahwa ketersediaan sarpras tersebut harus dilihat secara komperhensif mulai dari peralatan medis, obat-obatan sampai kepada kecukupan tenaga kesehatan pada setiap faskes.

“Intinya pemenuhan sarpras merupakan kunci dari peningkatan kualitas pelayanan di faskes,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kendari, Ivan Ravian melaporkan bahwa pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak fasilitas kesehatan untuk memberikan catatan-catatan perbaikan khususnya terkait sarana dan prasarana.

“Kita banyak melakukan kunjungan ke fasilitas kesehatan, baik itu rumah sakit ataupun Puskesmas bahkan sampai kepada Puskesmas di daerah atau pelosok. Tujuannya adalah mendorong fasilitas kesehatan untuk dapat terus memberikan pelayanan terbaik kepada peserta JKN,” ungkap Ivan.

Ivan juga meminta dukungan dari pemerintah daerah agar dapat mendorong pemerataan sarana dan prasarana pada fasilitas kesehatan di Kabupaten Konawe.

“Pemerataan sarpras di faskes tersebut dapat meningkatkan pemerataan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga pelayanan yang berkualitas tidak hanya dirasakan oleh masyarakat perkotaan tapi juga dinikmati oleh masyarakat di daerah,” pungkasnya.