Peran Pemuda Perlu Ditingkatkan, M Yahya Sosialisasi Perda Kepemudaan

Peran Pemuda Perlu Ditingkatkan, M Yahya Sosialisasi Perda Kepemudaan

Peran Pemuda Perlu Ditingkatkan, M Yahya Sosialisasi Perda Kepemudaan

Makassar, Upeks.co.id – Dalam proses pembangunan bangsa, pemuda merupakan kekuatan moral, kontrol sosial, dan agen perubahan sebagai perwujudan dari fungsi, peran, karakteristik, dan kedudukannya yang strategis dalam pembangunan nasional. 

Bacaan Lainnya
 

“Untuk itu, tanggung jawab dan peran strategis pemuda di segala dimensi pembangunan perlu ditingkatkan dalam kerangka hukum nasional sesuai dengan nilai yang terkandung di dalam Pancasila dan amanat Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 dengan berasaskan Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan, kebangsaan, kebhinekaan, demokratis, keadilan, partisipatif, kebersamaan, kesetaraan, dan kemandirian,” ujar M Yahya, Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Kota Makassar M Yahya, dalam kegiatan sosialisasi peraturan perundang-undangan Tahun Anggaran 2022 Angkatan XVII terkait Peraturan Daerah (Perda) Kota Makassar No.6 Tahun 2019 tentang Kepemudaan di Hotel Harper by Aston Makassar, Sabtu 29 Oktober 2022.

Lebih lanjut anggota dewan Dapil Biringkanaya Tamalanrea menyebutkan, guna memenuhi harapan tersebut, diperlukan pengaturan dan penataan pembangunan nasional! kepemudaan yang berorientasi pada pelayanan kepemudaan untuk mewujudkan pemuda Indonesia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki akhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, dan berdaya saing. 

“Dalam pelaksanaannya, pelayanan kepemudaan berfungsi menyadarkan, memberdayakan, dan mengembangkan potensi pemuda dalam bidang kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan,” jelas anggota legislatif asal Partai NasDem ini.

Dalam kesempatan itu, Sekretaris Dewan DPRD Kota Makassar H.Dahyal, S.Sos, M.Si menjelaskan tentang empat fungsi. Yakni sebagai instrumen kebijakan untuk melaksanakan otonomi daerah.   

Merupakan melaksanakan atau penjabaran peraturan pelaksana dari peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi. Kemudian, Menyerap keragaman daerah serta penyalur aspirasi masyarakat. Sebagai alat pembangunan dalam meningkatkan kesejahteraan daerah.

“Sebelum perda disetujui, kita minta tanggapan, pendapat dan saran ke masyarakat. Muara dari perda adalah kesejahteraan masyarakat,” terangnya.Peran Pemuda Perlu Ditingkatkan, M Yahya Sosialisasi Perda Kepemudaan

Sementara Staf Ahli Hukum DPRD Kota Makassar Dr. Zainuddin Djaka, SH, MH, dalam sosialisasi perda mengangkat tema

Membangun Pemuda yang Berakhlak Mulia, Sehat, Cerdas, Kreatif, Inovatif, Mandiri, Bermanfaat Bagi Lingkungan Melalui Penyadaran, Pemberdayaan, dan Pengembangan Pemuda.

Disebutkan pemuda harus bisa memberi manfaat kepada masyarakat. Harus bisa menciptakan lapangan kerja, jangan berharap ditampung sebagai pekerja.

“Bagaimana ini bisa dilakukan, bagaimana peran pemerintah menggali dan mengembangkan potensi-potensi yang ada,” tandasnya.

Dijelaskan, tanggung jawab pemerintah daerah terhadap pemuda, yakni melaksanakan penyadaran, pemberdayaan, dan pengembangan terhadap potensi pemuda berdasarkan wewenang dan tanggung jawabnya sesuai karakteristik dan potensi daerah.(*)