Lanjutkan Kerja Sama, Kejari Kepulauan Selayar Siap Tingkatkan Kepatuhan Badan Usaha

Lanjutkan Kerja Sama, Kejari Kepulauan Selayar Siap Tingkatkan Kepatuhan Badan Usaha

Selayar, Upeks.co.id – Guna meningkatkan kepatuhan badan usaha untuk mendaftarkan pekerjanya dan membayar iuran pada program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan Cabang Bulukumba memperpanjang jangka waktu perjanjian kerja sama dengan Kejaksaan Negeri Kepulauan Selayar.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bulukumba, Andi Rismaniswati Syaiful menyampaikan bahwa kerja sama antara BPJS Kesehatan Cabang Bulukumba dengan Kejaksaan Negeri Kepulauan Selayar telah menghasilkan tindak lanjut implementasi berupa penerbitan Surat Kuasa Khusus (SKK).

Bacaan Lainnya

“Pada tahun 2022 ini telah diterbitkan SKK oleh BPJS Kesehatan Cabang Bulukumba terhadap lima badan usaha yang sebelumnya belum patuh dalam hal pembayaran iuran dan mendaftarkan pekerjanya. Namun setelah dilakukan SKK, alhamdulillah empat badan usaha sudah patuh dan satu lagi dalam proses pemeriksaan lanjutan,” ujar Risma.

Risma menambahkan bahwa setiap badan usaha memiliki kewajiban untuk mendaftarkan seluruh pekerjanya dan yang telah terdaftar memiliki kewajiban membayar iuran tepat waktu. Jika tidak, BPJS Kesehatan tidak akan segan menerbitkan SKK kepada Kejaksaan Negeri Kepulauan Selayar.

“Untuk meningkatkan kepatuhan tersebut, kami memerlukan dukungan kerja sama dari Kejari Kepulauan Selayar,” jelas Risma pada kegiatan Forum Koordinasi Pengawasan dan Pemeriksaan Kepatuhan Tahap II yang di gelar di Kepulauan Selayar pada Senin (24/10).

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Kepulauan Selayar, Hendra Syarbaini mengatakan bahwa pihaknya akan terus memberikan dukungan dengan pemberian pelayanan hukum dan pendampingan hukum untuk menciptakan kepatuhan badan usaha.

“Kami berkomitmen untuk memberikan layanan hukum yang prima dalam hal mengawal jalannya program Jaminan Kesehatan Nasional,” ucapnya.

Sementara itu, Pengawas Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Sukri yang juga mengikuti forum mengatakan bahwa selama ini telah berjalan sinergi pemeriksaan kepada bu yang tidak patuh, sehingga upaya meningkatkan kepatuhan bu akan berjalan lebih optimal.

“Selama ini telah berjalan pemeriksaan dan pengawasan Ketenagakerjaan bersama BPJS Kesehatan, jika ada bu yang tidak patuh akan kita kunjungi bersama untuk diingatkan sampai mereka patuh,” tutup Sukri.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Dinas Tenaga Kerja, Dinas Perindustrian, Pergadangan dan UMKM Kabupaten Kepulauan Selayar serta Pengawas ketenagakerjaan Provinsi Sulawesi Selatan. (se/ts)