Jalni Proses Persalinan Menegangkan, Aswin Bersyukur Semua Ditanggung Program JKN

Jalni Proses Persalinan Menegangkan, Aswin Bersyukur Semua Ditanggung Program JKN

Kendari Upeks.co.id – Proses persalinan yang cukup menegangkan dialami oleh keluarga Aswin (38) pada persalinan istrinya untuk melahirkan anak keempat di RS Hermina Kendari. Dimulai dari kontraksi hebat, air ketuban yang keruh, hemoglobin (HB) rendah sehingga membutuhkan donor darah terlebih dahulu, hingga bayi lahir dalam keadaan biru serta terdapat cairan pada paru-paru. Beruntung bagi Aswin, istri dan anaknya dapat tertangani dengan baik dijamin Program JKN.

“Pentingnya kartu JKN dalam mengakses pelayanan kesehatan. Mengingat proses persalinan tidak selalu berjalan dengan lancar, terkadang beberapa kondisi sebelum dan pada saat persalinan menyebabkan proses ini menjadi sangat menegangkan,” ucapnya.

Bacaan Lainnya
 

Aswin menyampaikan bahwa kartu JKN menjadi sangat penting karena dapat mengurangi beban pikiran akan biaya rumah sakit, sehingga pasien akan lebih fokus dalam berobat.

“Persalinan anak keempat ini memang yang paling menegangkan dibandingkan persalinan sebelumnya. Tapi alhamdulillah kesulitan tersebut bisa tertangani dengan baik oleh dokter sehingga ibu dan bayinya sampai dengan saat ini dalam keadaan sehat. Untungnya kami telah terdaftar Program JKN. Saya tidak tahu berapa banyak biaya yang harus kami keluarkan mengingat banyaknya tindakan dokter yang diterima oleh istri dan bayi saya,” ujar Aswin.

Aswin juga mengapresiasi pelayanan bagi peserta JKN di Rumah Sakit Hermina Kendari. Menurutnya layanan yang didapatkan pasien cukup baik dimulai dari ruang tunggu dan kamar rawat inap yang nyaman dan sejuk, serta dokter dan perawat yang rutin melakukan pengecekan kondisi pasien.

“Saya pikir layanan terhadap pasien bagi kami peserta JKN semakin hari semakin baik. Kami diperlakukan dengan sangat baik, dokter dan tenaga kesehatan lainnya sangat tanggap terhadap kebutuhan pasien serta ruang tunggu dan kamar rawat inap yang nyaman dan yang paling penting semuanya dijamin,” tutup Aswin.