
Konawe, Upeks.co.id – Nurmiana Hilmanur (46) mengajak peserta JKN untuk dapat memanfaatkan fitur konsultasi dokter Aplikasi Mobile JKN. Berprofesi sebagai dokter umum di Puskesmas Unaaha, Hilmanur mengungkapkan bahwa fitur tersebut terdapat banyak manfaat yang didapatkan peserta jika menggunakan Aplikasi Mobile JKN.
“Saya pikir penggunaan aplikasi Mobile JKN bagi peserta JKN harusnya sudah menjadi kebutuhan layaknya aplikasi mobile banking bagi nasabah suatu bank. Untuk cek status kepesertaan dan iuran bulanan mungkin hampir semua peserta sudah mengetahuinya. Namun untuk antrean online dan konsultasi dokter, bagi yang belum pernah menggunakan saya rekomendasikan untuk mencobanya,” ungkap Hilmanur.
Fitur konsultasi dokter merupakan suatu media komunikasi via chat yang bisa dimanfaatkan peserta JKN untuk menyampaikan keluhan atas penyakitnya hingga mendapatkan saran dan resep obat dari dokter. Ketika berdasarkan komunikasi tersebut, dokter berpandangan bahwa pasien memerlukan obat, maka dokter akan merekomendasikan pasien untuk mengambil resep dan obatnya.
Hilmanur juga menyampaikan bahwa sampai dengan saat ini pemanfaatan fitur ini oleh peserta JKN di Puskesmas Unaaha belum terlalu banyak. Sehingga dirinya mengajak masyarakat luas untuk dapat mencoba dan merasakan langsung manfaatnya. Menurut Hilmanur, beberapa pasien yang sudah aktif menggunakan fitur konsultasi dokter tersebut merasa sangat dimudahkan dan sangat puas dengan saran dokternya.
“Saat ini sudah ada beberapa masyarakat yang menggunakan fitur konsultasi dokter ini. Biasanya mereka yang sudah pernah mencoba cenderung akan menggunakan kembali apabila ada keluhan kesehatan. Sebagai dokter tentu kami juga dapat melihat dan memantau riwayat kesehatan dari pasien tersebut, sehingga dalam hal peresepan obat nantinya akan disesuaikan dengan pasiennya,” terangnya.
Sementara itu, Arjan (29) peserta JKN yang terdaftar pada Puskesmas Unaaha mengaku sangat terbantu dan dimudahkan dengan adanya fitur ini. Arjan yang awalnya tidak mengetahui terkait fitur ini mengaku mendapat rekomendasi dari Hilmanur pada saat berobat di Puskesmas Unaaha.
“Sekitar dua bulan yang lalu saya datang berobat di Puskesmas Unaaha karena demam, pada saat ditangani oleh dokter Hilmanur, beliau menyarankan saya untuk mencoba fitur konsultasi dokter pada Aplikasi Mobile JKN,” tutup Arjan.
Singkatnya beberapa hari yang lalu Arjan merasa kurang enak badan dan mencoba fitur tersebut. Responnya cukup cepat dan ia mengaku mendapat saran untuk istirahat dan rekomendasi obat. Hal ini sangat bermanfaat bagi Arjan dan memudahkannya karena bisa mendapat layanan kesehatan meskipun berada di rumah.