Bupati Selayar Launching Aplikasi Simpada, Ini Harapannya

Bupati Selayar Launching Aplikasi Simpada, Ini Harapannya

Selayar, Upeks.co.id- Bupati Kepulauan Selayar H. Muh. Basli Ali melakukan launching aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pajak  Daerah dan Retribusi Daerah (Simpada), di Ruang Pola Kantor Bupati, Senin (10/10/2022).

Peluncuran aplikasi tersebut merupakan kolaborasi Bapenda Kepulauan Selayar dengan PT. Bank Sulselbar, yang ditandai oleh penabuhan gendang oleh Bupati.

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan itu, Bupati juga menyerahkan penghargaan kepada bendahara pengeluaran atas kontribusinya kepada daerah sebagai wajib pajak daerah bendahara dengan kepatuhan pelaporan daerah terbaik Tahun 2021. Masing-masing adalah Sekretariat DPRD, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, serta Badan Pengelolaan Keuangan Daerah dan Pendapatan Daerah.

Penghargaan yang sama juga diberikan kepada bendahara penerima atas kontribusinya kepada daerah sebagai wajib pajak daerah bendahara dengan penerimaan pajak daerah dan retribusi daerah terbesar, yakni Badan Pengelolaan Keuangan Daerah dan Pendapatan Daerah, Dinas Lingkungan Hidup, dan Dinas Perhubungan.

Terkait dengan launching aplikasi Simpada, Bupati menyampaikan apresiasi kepada PT. Bank Sulselbar sebagai penyedia aplikasi secara gratis.

Aplikasi Simpada lanjut Bupati Basli Ali bertujuan memberikan kemudahan dalam pembayaran pajak dan retribusi daerah, serta mewujudkan sistem transformasi informasi pajak/retribusi berbasis digital.

Di era digital ini, kata Basli Ali pelaksanaan pelayanan pajak daerah dan retribusi daerah dituntut untuk menciptakan terobosan yang bersifat digitalisasi. Meski demikian, Basli Ali berharap aplikasi tersebut dapat berjalan dengan baik sesuai harapan. Menurutnya yang paling penting adalah dapat memberikan edukasi atau pemahaman kepada masyarakat.

“Kita harus memberikan edukasi agar masyarakat juga paham, tentu ini kita lakukan secara bertahap dan itu perlu keseriusan dari kita semua,” ucap Basli Ali.

Badan Pengelolaan Keuangan Daerah dan Pendapatan Daerah khususnya Bidang Pengelolaan Pendapatan, Bupati mengimbau agar aplikasi itu dapat disosialisasikan kepada seluruh perangkat daerah dan masyarakat luas pada umumnya.

“Buat imbauan kepada masyarakat untuk turut aktif memanfaatkan dan menggunakan aplikasi ini, sehingga partisipasi masyarakat dapat terus meningkat dan penggunaan aplikasi ini dapat berjalan optimal,” pinta Bupati.

Hadir dalam launching aplikasi tersebut, Badan Pengelolaan Keuangan Daerah dan Pendapatan Daerah Drs. Muhtar, MM, unsur forkopimda, Direksi PT. Bank Sulselbar diwakili oleh Pemimpin Divisi Teknologi Informasi, Nur Ikbal, para pimpinan OPD dan undangan lainnya. (Sya)