Piana: Program JKN Buat Saya dan Keluarga Tidak Khawatirkan Biaya Pelayanan Kesehatan

Piana: Program JKN Buat Saya dan Keluarga Tidak Khawatirkan Biaya Pelayanan Kesehatan
Parepare, Upeks.co.id – I Piana (33), peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang telah merasakan manfaat dari hadirnya program yang diselenggarakan BPJS Kesehatan. Dirinya merasakan manfaat telah terdaftar sebagai peserta JKN. Piana menuturkan bahwa dirinya beberapa kali menggunakan kartu JKN untuk berobat di Puskesmas.

“Saat itu saya memeriksakan kesehatan gigi dan pernah juga berobat karena demam tinggi, alhamdulillah pelayanan yang diberikan semuanya sangat baik,” cerita Piana, Selasa (27/09).

Kini, Piana dan keluarga tidak perlu khawatir lagi saat harus memeriksakan kesehatan di fasilitas kesehatan, karena seluruh biaya pelayanan menjadi tanggungan BPJS Kesehatan.

Bacaan Lainnya
 

“Dengan menjadi peserta JKN, kami dapat fokus untuk kesembuhan dan kesehatan, meskipun tentunya kami tetap berharap agar senantiasa diberi kesehatan,” ungkap Piana.

Piana juga menuturkan bahwa selain manfaat layanan kesehatan, dirinya juga sangat dimudahkan dengan adanya layanan Mobile Customer Service (MCS) yang beberapa kali datang di wilayahnya.

“Saya juga merasakan manfaat kemudahan layanan administrasi dengan hadirnya MCS. Menurut saya dengan adanya layanan ini, menjawab kebutuhan masyarakat yang wilayahnya jauh dari Kantor BPJS Kesehatan, sedangkan mereka ingin mengurus administrasi kepesertaannya,” ungkapnya.

Seakan tidak mau menyia-nyiakan kesempatan adanya layanan MCS tersebut, Piana menanyakan beberapa hal kepada petugas BPJS Kesehatan serta melakukan pengecekan status kepesertaan untuk memastikan kepesertaan JKN miliknya dan keluarga dalam keadaan aktif.

“Berhubung ada layanan MCS, jadi saya manfaatkan kesempatan ini untuk melakukan pengecekan status kepesertaan kami sekeluarga, karena kepesertaan JKN bagi kami sangat penting dan manfaatnya sangat dirasakan,” tuturnya.

Selain melakukan pengecekan status kepesertaan, Piana juga menyampaikan bahwa, pada layanan MCS, dirinya juga diinformasikan terkait Aplikasi Mobile JKN yang memiliki berbagai fitur untuk kemudahan peserta.

“Tadi juga diinformasikan tentang Aplikasi Mobile JKN, menurut saya dengan adanya aplikasi ini, sangat membantu peserta, karena semuanya sudah bisa dilakukan hanya melalui Aplikasi Mobile JKN, yang dapat diunduh melalui handphone,” tutup Piana.