IBK Nitro Gelar Program Pemberdayaan Kepada Masyarakat di Pulau Salemo

IBK Nitro Gelar Program Pemberdayaan Kepada Masyarakat di Pulau Salemo

 

Pangkep, Upeks.co.id — Dengan mengangkat Tema “Pemberdayaan Masyarakat Pulau Salemo menuju Desa Wisata”. Sesuai dengan Program bupati Pangkep Mumahhamad Yusran Lalogau yang akan menjadikan pulau Salemo sebagai Wisata religi.

Bacaan Lainnya

Karena Pulau Salemo memiliki nilai sejarah peradaban perkembangan Islam. Serta melahirkan banyak ulama dan cendekiawan. Olehnya, dirinya ingin mengembalikan kejayaan yang pernah ada.

Dengan berdirinya pondok tahfidz di Pulau salemo nantinya akan menjadi ikon wisata religi. Akan tetapi Masyarakt perlu diberikan edukasi sebelum pulau Salemo menjadi Wisata Religi Edukasi.

IBK Nitro mengambil bagian dengan melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan pelatihan kepada masyarakat agar masyarakat sudah siap jika nantinya pulau Salemo sudah menjadi Pulau Destinasa Wisata religi. Siap menyambut para wisatawan asing maupun wisatawan local yang datang berkungjung di Pulau Salemo dengan menyediakan tempat penginapan (Homestay) yang nyaman bagi wisatawan. Masyarakat mampu beromunikasi dengan baik kepada para Wisatawan.

Dengan menjadikan Pulau salemo sebagai Wisata Religi akan menumbuhkan perekonomian Masyarakat Pulau Salemo dan membangkitkan UMKM yang ada di Pulau Salemo.

Pulau Salemo adalah satu dari sekian pulau kecil yang berjejer di kepulauan Pangkep. Luas pulau yang kurang lebih hanya 10 Km2 ini sangat padat ditinggali oleh penduduk, dan mereka mayoritas muslim.

Dalam sejarah lisan, menurut orang tetua yang hidup di pulau ini, sebelum Indonesia merdeka, pulau ini menjadi pelabuhan. Ratusan perahu dagang phinisi milik para saudagar kaya yang bermukim di situ.

Armada phinisi ini melayani perdagangan antar pulau Sulawesi – Kalimantan, Jawa, Sumatera, bahkan sampai ke Singapura dan Manila.(rls)