Sinergi BPJS Kesehatan dan Pemda Buru, Hadirkan Layanan Terbaik Kepada Masyarakat

Sinergi BPJS Kesehatan dan Pemda Buru, Hadirkan Layanan Terbaik Kepada Masyarakat

Namlea, Upeks.co.id – Pemerintah daerah memiliki peran dan kontribusi penting dalam Program JKN, hal ini tertuang dalam Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ambon, HS Rumondang Pakpahan dalam kegiatan Forum Komunikasi Dengan Pemangku Kepentingan Utama Tingkat Kabupaten Buru, Rabu (06/07).

Bacaan Lainnya

“Pemerintah daerah berperan penting dalam menyukseskan Program JKN. Hal ini sejalan dengan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022, dalam instruksi tersebut setidaknya ada sebelas hal yang melibatkan peran dari pemerintah daerah dalam pelaksanaan Program JKN,” kata Mondang.

Dirinya menambahkan, ada beberapa yang menjadi perhatian dalam penganggaran dan pembayaran iuran jaminan kesehatan bagi kepala dan perangkat desa di Kabupaten Buru. Namun, dirinya juga menyampaikan rasa terima kasih terhadap pemangku kepentingan di Kabupaten Buru telah bersinergi aktif dengan BPJS Kesehatan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Saat ini di Kabupaten Buru, terdapat 82 desa dan jumlah desa yang sudah terdaftar baru sekitar 65 desa. Kami berharap 17 desa yang belum didaftarkan perangkat desanya bisa dilaksanakan untuk dapat segera kami entri di data kami. Kami meminta dukungan dari pemerintah daerah untuk percepatan pendaftaran kepala desa dan perangkat desa,” tambah Mondang.

Senada dengan hal tersebut, Bupati Kabupaten Buru, Djalaludin Salampessy dalam sambutannya menyampaikan mengenai pentingnya dilakukan forum komunikasi tersebut untuk berkoordinasi dan mendukung Program JKN di Kabupaten Buru.

“Kami berterima kasih kepada BPJS Kesehatan yang akan memberikan pencerahan terhadap seluruh pemangku kepentingan yang ke depannya terlibat dalam berbagai kebijakan terkait pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Kami berharap kegiatan ini akan bermanfaat bagi masyarakat dan berbagai pemangku kepentingan yang beririsan kuat dengan penguatan pemahaman masyarakat bisa menginformasikan berbagai hal penting mengenai Program JKN dengan baik. Dengan demikian, masyarakat dapat memiliki pengetahuan yang cukup dan bisa mendukung program ini agar dapat berjalan optimal,” ujar Djalaludin. (yr)