Selalu Dampingi Nelayan di Masa Sulit, Komunitas Nelayan di Makassar Serukan Ganjar Presiden 2024

Selalu Dampingi Nelayan di Masa Sulit, Komunitas Nelayan di Makassar Serukan Ganjar Presiden 2024

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Semilir angin berhembus tenang di pesisir Untia, Kecamatan Biringkanaya, Makassar, Sulawesi Selatan. Hembusannya membawa aroma khas lautan yang memberikan ketenangan bagi masyarakat yang berkunjung ke sana.

Pagi itu, Jumat (26/8/2022), sedikitnya 100 nelayan berkumpul di Kampung Nelayan Untia Makassar. Hal ini menjadi pemandangan langka di Untia. Sebab, pada jam tersebut, biasanya para nelayan tengah beristirahat di rumahnya setelah semalam suntuk pergi melaut.

Bacaan Lainnya

Nelayan-nelayan tersebut merupakan anggota Komunitas Nelayan Pesisir Sulawesi Selatan untuk wilayah Makassar. Mereka berasal dari berbagai desa di pesisir Kota Anging Mamiri.

Koordinator Komunitas Nelayan Pesisir Makassar, Angga Januari mengatakan, berkumpulnya para nelayan ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi, serta menyatukan dukungan terhadap sosok Ganjar Pranowo untuk Pemilihan Presiden 2024 mendatang.

Angga menjelaskan, ia telah mengikuti kepemimpinan Ganjar sejak lama dari berbagai pemberitaan di media. Angga berkeyakinan, Ganjar adalah sosok pemimpin yang memiliki kualitas pribadi yang sangat baik, jujur apa adanya, dan telah terbukti sangat peduli masyarakat kecil. Termasuk para nelayan di pelosok-pelosok.

“Hal ini telah terbukti di Jawa Tengah. Ia memberikan asuransi untuk 10.000 nelayan di Jawa Tengah. Dia juga selalu membantu nelayan di masa suram, contohnya membantu saat nelayan kesusahan solar untuk melaut,” ujar Angga di lokasi.

Asuransi tersebut diketahui merupakan program Bantuan Premi Asuransi Nelayan (BPAN) yang diresmikan Ganjar Pranowo agar para nelayan di Jawa Tengah bisa tenang saat melaut. Asuransi tersebut akan memberikan dana bantuan bila para nelayan mengalami kecelakaan, baik di darat maupun di laut. Saat ini, diketahui hampir 80 persen nelayan di Jawa Tengah telah berasuransi.

Angga pun berharap program tersebut bisa dirasakan oleh semua nelayan di seluruh Indonesia. Menurutnya, hal ini bisa meredam kecemasan para nelayan yang masih khawatir terhadap keluarganya di rumah saat mereka pergi melaut.

“Harapan kami, semoga Pak Ganjar bisa jadi presiden, dan membantu nelayan di seluruh Indonesia, termasuk kami di Sulsel. Harapan kami juga agar Pak Ganjar bisa mengamankan pasokan solar untuk nelayan, dan menstabilkan harga produk laut di pasar. Sebab saat ini harga jual naik turun. Jika nelayan sudah sejahtera, pasti kita bisa merdeka pangan dari hasil laut,” harap Angga.

Lebih lanjut, Angga menuturkan, komunitas ini akan terus aktif mengkonsolidasikan dukungan untuk Ganjar Pranowo di kalangan nelayan lain di pesisir Makassar. Ia juga menyebut akan menggelar kegiatan positif lainnya untuk menyejahterakan anggota komunitas nelayan ini.

“Seperti hari ini, kita mendistribusikan bingkisan berupa sembako untuk para nelayan. Sementara ke depannya, kita juga akan menggelar sejumlah pelatihan untuk para nelayan. Salah satunya pelatihan keamanan atau safety. Sehingga kecelakaan kerja saat melaut bisa dihindari,” pungkas Angga. (mah)