Salmon Tibe: Tongkonan Sang Torayan Wadah Pemersatu Warga Toraja di Bumi Mekongga

Salmon Tibe: Tongkonan Sang Torayan Wadah Pemersatu Warga Toraja di Bumi Mekongga

KOLAKA,UPEKS.co.id— Wakil Ketua Umum (Waketum) Tongkonan Sang Torayan (TST) Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara (Sultra) Ir Salmon Tibe dalam percakapannya melalui WhatsAppnya baru-baru ini mengungkapkan bahwa terbentuknya organisasi sosial (orsos) komunitas warga Toraja di Kabupaten Kolaka yang diberi nama TST merupakan wadah pemersatu warga Toraja yang ada di Bumi Mekongga.

“Jadi TST ini merupakan wadah pemersatu warga Toraja yang ada di Bumi Mekongga,” ungkap Salmon mantan pegawai salah satu bank BUMN di Kolaka.

Bacaan Lainnya

Menurut Salmon bahwa warga Toraja di Kolaka mencapai puluhan ribu jumlahnya yang hidup berdampingan dengan suku-suku lain begitu rukun dan penuh kedamaian saling bahu membahu bersama pemerintah untuk membangun Bumi Mekongga.

Secara khusus warga Toraja yang tergabung dalam satu wadah TST meskipun dengan latar belakang keyakinan berbeda-beda tetapi dengan penuh kesadaran masing-masing bisa mendaftarkan diri masuk menjadi anggota TST. 

“Jadi tujuan terbentuknya TST ini yang diinisiasi oleh para tokoh-tokoh masyarakat warga Toraja yang ada di Bumi Mekongga,” kata Salmon. 

Menurut Salmon, dengan melihat perkembangan selama ini sejak terbentuknya TST pada Maret 2022 lalu, telah menaruh simpati dari warga Toraja khususnya warga Toraja yang selama ini belum terdaftar jadi anggota TST secara sadar tanpa ada paksaan meminta untuk di daftar menjadi anggota TST. 

“Banyak warga yang menghubungi saya minta di daftar menjadi anggota TST,” kata Salmon. 

Dikatakannya bahwa apa yang dilakukan TST selama ini di masyarakat ternyata begitu besar dampak sosialnya di lapangan, parameternya adalah bentuk pelayanan dilakukan oleh semua pengurus di masyarakat begitu menyentuh karena tanpa membeda-bedakan status sosial kehidupan masyarakat. 

“Salah satu parameter bagi setiap warga Toraja masuk menjadi anggota TST karena kinerja semua anggota pengurus yang dibangun selama ini begitu menyentuh tanpa melihat latar belakang setiap orang. Dan itulah tujuan wadah TST memberikan pelayanan kepada warga Toraja tanpa membeda-bedakan anggota,” ujarnya.

Salmon menegaskan bahwa orsos TST ini sebagai wadah pemersatu warga Toraja di Kolaka tujuannya untuk merangkul semua orang Toraja dengan latar belakang berbagai keyakinan, dan status sosial kehidupan masyarakat. 

“Jadi TST ini sebagai wadah pemersatu warga Toraja kita merangkul dan melayani semua anggota maupun yang belum terdaftar sebagai anggota TST terus dilakukan pendataan,” pungkasnya.

Salah satu bentuk aktifitas eksternal kata Salmon yang dilakukan oleh TST dalam rangka memeriahkan Hut RI ke-77 dengan menggelar kegiatan turnamen bola volly, dan turut berpartisipasi dalam pawai kendaraan yang digelar oleh Pemda Kolaka baru-baru ini. (pil)