Pertama di Tamalanrea, KREATIF Kapasa Raya Gelar Posyandu Remaja

Pertama di Tamalanrea, KREATIF Kapasa Raya Gelar Posyandu Remaja

Makassar, Upeks–Komunitas Remaja Aktif (KREATIF) Kapasa Raya Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar menggelar kegiatan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Remaja.

Kegiatan Posyandu Remaja ini berlangsung untuk pertama kalinya, Jumat (26/8/2022), setelah lama dinantikan remaja yang tergabung di Kreatif Kapasa Raya.

Bacaan Lainnya
 

Salah seorang pembina Kreatif Kapasa Raya Sukmawati Spd menyebutkan, kegiatan Posyandu Remaja ini berawal dari Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dimana seluruh bidang hadir pada saat itu.

Namun dari semua program terkhusus di bidang kesehatan, hanya memaparkan tentang kesehatan balita dan lansia saja.

“Sebagai pembina Kreatif yang berkecimpung dalam dunia remaja merasa prihatin, mengapa hanya Posyandu Balita dan Lansia saja yang dibentuk, padahal remaja lebih membutuhkan perhatian karena di tangan merekalah masa depan bangsa,” ujarnya.

Sejak saat itu, pihaknya melakukan koordinasi konfirmasi langsung dengan pihak Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kapasa terkait kegiatan Posyandu Remaja.

Kepala Puskesmas Kapasa dr. Muhammad Gisman, hadir langsung dalam kegiatan yang digelar di depan eks PT Maruki International Indonesia, RW 03 Batudoang Kelurahan Kapasa Raya.

Para remaja sangat antusias dalam kegiatan Posyandu remaja meliputi pemeriksaan kesehatan, berat badan, dan penyuluhan kesehatan dari petugas kesehatan, yang dibantu oleh 5 orang kader posyandu remaja yang merupakan anggota Kreatif.

Lurah Kapasa Raya Abu Bakar SE, yang hadir dalam kesempatan itu memberikan apresiasi dan kebanggaannya kepada organisasi Kreatif Kapasa Raya yang telah banyak membantu dalam memberikan berbagai kegiatan di kalangan remaja di Kapasa Raya.

“Kehadiran organisasi Kreatif banyak membantu khususnya terkait persoalan remaja. Bangga karena berkat koordinasi antara pembina Kreatif dengan Puskesmas Kapasa, sehingga Posyandu Remaja Kreatif Kapasa Raya merupakan posyandu remaja yang paling pertama diadakan di Kecamatan Tamalanrea semoga menjadi inspirasi bagi kelurahan lainnya,” ungkapnya.

“Kegiatan ini Insya Allah akan diadakan satu kali dalam sebulan dengan berbagai variasi kegiatan sesuai dengan program kegiatan remaja Kreatif yang diusulkan,” kata Ahmad Abdillah, Ketua Kreatif Kapasa Raya. (rls)