Peringati Hari Anak dan Bulan Kemerdekaan, Pemkab Maros Terima 10 Ribu Kapsul Vitamin A

  • Whatsapp
Peringati Hari Anak dan Bulan Kemerdekaan, Pemkab Maros Terima 10 Ribu Kapsul Vitamin A

MAROS, Upeks.co.id — Memperingati Hari Anak dan Bulan Kemerdekaan, Yayasan Turikalengna memberikan bantuan berupa 10 ribu kapsul dan botol Vitamin A dan Obat Cacing kepada Pemerintah Kabupaten Maros.

Penyerahan secara simbolis digelar di Lapangan Upacara Pallantikang, Turikale Maros (01/08/2002) usai upacara rutin setiap Senin pagi.

Bacaan Lainnya

Hadir dalam penyerahan tersebut yakni Bupati Maros, Chaidir Syam, Wakil Bupati Maros, Suhartina Bohari, Sekretaris Daerah Maros, Andi Davied, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Maros, Yunus.

Ketua Yayasan Turikalengna, Iwan Majjalekka, dan Ketua DPD Persatuan Ahli Gizi Sulawesi Selatan, Mandjilala.

Ketua Yayasan Turikalengna, Iwan Majjalekka menuturkan program ini merupakan wujud kepedulian yayasan sebagai kelompok masyarakat dalam upaya membantu pemerintah menurunkan angka stunting di kalangan balita.

Apalagi kata dia, angka stunting di Kabupaten Maros masih tinggi

“Berdasarkan data dari Survei status gizi Indonesia (SSGI) yg diselenggarakan oleh Kementerian kesehatan RI, Kabupaten Maros masih tinggi angka stuntingnya,” katanya.

Olehnya, kata dia, pemberian vitamin ini secara serentak di seluruh Puskesmas yang ada di Maros akan menjadi bagian dalam upaya melawan stunting.

Iwan menambahkan giat ini tidak sekadar pemberian vitamin saja, akan tetapi para nakes dari perwakilan puskesmas akan dibekali dengan pelatihan atau training pemberian vitamin kepada anak berdasarkan aturan dari WHO dan Kemenkes.

“Insha Allah minggu ini akan kita gelar, semuanya dicover oleh Yayasan bekerjasama dengan Dinkes guna meningkatkan kapasitas tenaga nakes” sebutnya.

Sementara itu, Bupati Maros, Chaidir Syam memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Yayasan Turikalengna atas kepeduliannya terhadap daerah

“Kami mengapresiasi dan berterima kasih, Yayasan dari Maros ini mampu memberikan support untuk melawan stunting bagi anak-anak kita di Maros. Ini juga menjadi misi kita bersama” tutur politisi PAN tersebut.

Di tempat terpisah, Ketua DPD Persatuan Ahli Gizi Provinsi Sulsel, Manjilala mengungkapkan program yang diinisiasi oleh yayasan Turikalengna ini merupakan program yang sangat baik karena mendukung peningkatan cakupan konsumsi Vitamin A di Kab. Maros.

Vitamin A sangat dibutuhkan oleh balita untuk pertumbuhan, kesehatan mata serta peningkatan kekebalan tubuh, sehingga Balita tidak mudah terserang penyakit infeksi.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa Konsumsi Kapsul Vitamin A bagi Balita merupakan program Prioritas Kementerian kesehatan RI untuk mencegah terjadinya kekurangan vitamin A pada Balita,” tutupnya.(alfi)