Meriah, 1200 Peserta Ramaikan One Day Trail Adventure Jelajah Wisata Massenrempulu, Yang Digelar Dispopar Enrekang

Meriah, 1200 Peserta Ramaikan One Day Trail Adventure Jelajah Wisata Massenrempulu, Yang Digelar Dispopar Enrekang

ENREKANG, UPEKS.co.id — Pemkab Kabupaten Enrekang melalui Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata bersama beberapa Komunitas Trail menggelar Event One Day Trail Adventure Jelajah Wisata Massenrempulu, Sabtu (13/8/22).

Sebanyak 1200 peserta dari berbagai daerah baik dari luar maupun dari dalam Sulawesi Selatan, turun meramaikan kegiatan yang star dari Anjungan Sungai Mata Allo, Enrekang.

Bacaan Lainnya
 

Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata ( Dispopar) Enrekang, Mariadi kegiatan ini adalah yang pertama kali dilakukan oleh Pemkab Enrekang.

Mariadi mengatakan kegiatan ini bukanlah kegiatan kompetisi tapi lebih dari partisipasi para Rider dari berbagai daerah untuk melakukan penjelajahan dibeberapa titik destinasi wisata yang ada di Enrekang dan selama ini belum dilakukan pengembangan.

” Ini adalah Olahraga dibawah naungan KORMI (Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia). Jadi lebih dari pengembangan dan tidak ada perlombaan didalamnya “. Ujar Mariadi.

Kabid Destinasi Pariwisata ini mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kerjasama dengan Lembaga terkait berupa komunitas – Komunitas para pencinta motor trail, pengenalan beberapa destinasi wisata yang nantinya bisa dikembangkan seperti tebing didaerah Tungka dan Malauwe.

” Kegiatan ini juga membantu meningkatkan perekonomian masyarakat dengan banyaknya Rider yang datang dari berbagai daerah diluar Enrekang tentu mempunyai kebutuhan tersendiri, karena dengan adanya kegiatan ini semua hotel untuk saat ini full semua pedagang kaki lima akan merasakan manfaatnya melalui pembelian air mineral, penjual bensin botolan ini terlihat dari banyaknya lapak-lapak disekitar kegiatan “. Pungkas Mariadi.

Rute One Day Trail Adventure star Anjungan Sungai Mata Allo, Pos Lantas, Randangan, Mata Dewa, turun ke Tuara, kemudian masuk ke Tungka, Kumadang, Penja, Cemba, Kunyi:,  Panette, Riso dan kembali ke Anjungan Sungai Mata Allo untuk finish.

Mariadi menjelaskan disepanjang titik yang dilalui peserta banyak destinasi wisata yang perlu dikembangkan.

” Ada tebing antara perbatasan Tungka dan Kelurahan Tuara yang kemarin kami survey memang sangat potensial untuk area Camp karena dari situ kita bisa melihat beberapa desa dan dusun yang ada di Enrekang Utara. Jika ini dikembangkan tidak lagi butuh biaya banyak tinggal siapkan MCK dan Mushalla kemudian menyiapkan air baku disitu”. Pungkasnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Enrekang Asman, Ketua Indonesia Off-road Federation (IOF) Pencab Enrekang yang juga Anggota DPR RI Mitra Fachruddin MB, Salah satu Tokoh Sulsel Ilham Arief Sirajuddin, Forkopimda, Ketua DPRD kabupaten Enrekang.

Dalam kegiatan ini Panitia telah menyiapkan door Prize berupa

1 Unit mobil Ayla, 1Unit motor KLX, 4 Unit motor Revo S, 5 buah  sepeda lipat dan puluhan hadiah hiburan menarik lainnya. Total hadiah sebesar Rp 220. O00. 000 .

Sumber anggaran untuk  kegiatan ini antara lain  Pemerintah daerah atau Dispopar sebesar Rp 50 juta sebagai pemantik untuk komunitas bergerak mencari sponsor dan dari kontribusi peserta sebesar Rp. 300 ribu perorang.

Sponsor dalam kegiatan ini antara lain, Bank Sulselbar, Class Project, Ratu Tani dan bantuan dari Mitra Fachruddin MB selalu Ketua IOF Pencab Enrekang. (Sry).