Mahasiswa KKN-T Unhas Gelar Pelatihan Literasi Digital Bagi Guru

MAKASSAR, Upeks.co.id — Mahasiswa Kuliah Kerja Tematik (KKN-T) Smart Village Kabupaten Barru mengadakan program kerja Pelatihan Literasi Digital bagi para guru di Kabupaten Barru, dengan tema ‘Mewujudkan Guru Cakap Bermedia Dalam Menghadapi Tantangan Global’, di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Barru. Sabtu, (13/8/2022).

Sebanyak 122  guru di Kabupaten Barru dan mahasiswa KKN-T Smart Village Barru menghadiri kegiatan ini.

Bacaan Lainnya

Program ini bertujuan untuk membentuk tenaga pendidik yang mampu beradaptasi dengan berbagai perkembangan teknologi yang ada.

Ketua Panitia, Farhan Rahman memgatakan melalui kegiatan ini mampu meningkatkan kemampuan guru khususnya dalam mengoprasikan power point.

“Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan para guru dalam membuat media belajar yang menarik dan interaktif melalui aplikasi Microsoft Powerpoint agar para siswa lebih mudah menyerap pelajaran yang dijelaskan” katanya.

Tak hanya itu, Koordinator KKN-T Smart Village Barru, Ayu Yusvitasari Idrus juga mengenaskan bahwa kegiatan Pelatihan Literasi Digital ini juga menunjang visi utama dari tema KKN Tematik Smart Village, yaitu Smart People dan Smart Technologi.

Pada acara ini, Koordinator DPK KKN Smart Village Barru sekaligus pemateri pada kegiatan ini, Pak Nosakros Arya menyampaikan materi mengenai prinsip-prinsip desain, tools untuk pembuatan bahan presentasi, serta berbagai tips dalam membuat presentasi yang menarik dan informatif dalam penerapannya pada pembuatan media belajar menggunakan powerpoint.

Kegiatan ini juga diharapkan mampu meningkatkan kemampuan dan kecakapan guru dalam menggunakan media digital. Seperti halnya yang dikatakan Muhammad Rais, perwakilan Dinas Pendidikan Kabupaten Barru, bahwa

 “Pada kegiatan ini, para guru diharapkan mampu menyebarkan ilmu yang didapat kepada teman-teman pendidik lainnya dan dapat diterapkan dalam kegiatan belajar sehingga mampu meningkatkan kemampuan dan kecakapan guru” ujarnya (tini)