Maba PNUP 2022 Mulai Pengenalan Kampus

Maba PNUP 2022 Mulai Pengenalan Kampus

Makassar, Upeks–Mahasiswa Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) akan memulai kegiatan kampus 5-10 September 2022 mendatang. Agenda pertamanya akan ada pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru yang kerap disebut PKKMB.

“PKKMB tahun 2022 ini akan dilaksanakan secara luring (tatap muka), dan kita mulai 5-10 September 2022 di Auditorium kampus 2 PNUP Moncongloe Maros,” ucap Ahmad Zubair

Bacaan Lainnya
 

PKKMB terdiri dari rangkaian kegiatan materi pengenalan sistem pendidikan tinggi (SPT), pesantren kilat (peskil), kemah kasih, serta diklatsar/bela negara.

Setelah mengikuti rangkaian acara pkkmb, mahasiswa akan mendapatkan sertifikat kelulusan yang dapat dipakai untuk keperluan berkuliah di PNUP. Sertifikat ini pula menjadi persyaratan wajib bagi mahasiswa baru. Bila tidak lulus atau tidak mengikuti kegiatan ini maka dapat diprogramkan tahun berikutnya.

“Tiga sampai empat tahun adik-adik mahasiswa kalau yudisium, syaratnya salah satu sertifikat PKKMB, jadi ini adalah gerbang masuk sekaligus gerbang keluar,” terang Wadir bidang akademik, kemahasiswaan dan alumni.

Seluruh temanPNUPers (sebutan mahasiswa PNUP) wajib mengikuti PKKMB, sebab hal ini sudah tertuang dalam panduan nasional Kemendikbudristek.

Nantinya mahasiswa akan menerima materi beragam sesuai dengan jenis pkkmb. Dalam pkkmb tingkat politeknik maka mahasiswa akan mendapat materi peraturan akademik, kemahasiswaan, kode etik, BLU dan RBI termasuk filosofi, nilai-nilai, visi-misi, sarana prasarana, prestasi, dan sumbangsih institusi.

Selain itu pembentuk jiwa korsa ke-PNUP-an dan pengembangan karakter juga ditanamkan melalui materi diklatsar pkkmb ini.

Terakhir, dalam pkkmb softskill akan mendapatkan pembekalan untuk mendapatkan kapasitas diri sehingga siap menjadi problem solver, serta mendorong mahasiswa meningkatkan kompetensi diri.

5-10 September PKKMB, dan 12 September 2022 adalah kuliah perdana atau tanda dimulainya Perkuliahan Semester Ganjil 2022/2023. (*)