Kunker Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Di Kota Palopo Melihat Langsung Realita Nelayan

Kunker Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Di Kota Palopo Melihat Langsung Realita Nelayan
PALOPO, Upeks.co.id – Walikota Palopo HM.Judas Amir, MH menghadiri kegiatan silaturahmi, Ramah Tamah, sekaligus Kunjungan Kerja Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Bidang Kementerian Kelautan dan Perikanan H.Rusdi Masse Mappasessu. di Gedung SaodenraE Convention Center (SCC). Rabu, 10 Agustus 2022.

Kunjungan Kerja Wakil Ketua Komisi IV DPR RI ini selain untuk rama tama bersilaturahmi juga sekaligus berdialog, diskusi dengan pelaku usaha perikanan yang ada di Kota Palopo.

Wali Kota Palopo, H.M. Judas Amir, MH, dalam sambutannya menyampaikan bahwasanya tangung jawab sebagai pemimpin daerah merupakan tangung jawab yang besar, untuk melayani mengayomi masyarakat, sehingga perlu menyampaikan apa yang menjadi masalah dan hambatan yang ada terutama dalam hal kewirausahawan, khususnya dibidang kelautan dan perikanan, melalui rama tamah, silaturahmi dan tatap muka ini, bersama-sama berdiskusi mencari solusi-solusi permasalahan yang ada, khususnya dikalangan nelayan yang ada di Kota Palopo.

Bacaan Lainnya
 

“Kita berbahagia pada kesempatan ini karena Wakil Ketua Komisi IV DPR RI menyempatkan diri bertemu dengan kita dan berdiskusi ” kata Wali Kota.

Wali Kota juga menyampaikan pemerintah Kota Palopo dalam hal ini, memfasiiitasi para nelayan, pelaku usaha, disektor kelautan dan perikanan, apa yang menjadi keluhan-keluhan terkait kapasitasnya sebagai nelayan, ketua-ketua kelompok nelayan, dapat menjelaskan langsung permasalahannya kepada Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, bidang Kementerian   Kelautan dan Perikanan, agar nantinya berdiskusi bersama-sama, mencari solusi terkait hambatan yang dihadapi nelayan, agar Pemerintah Kota Palopo, bisa lebih optimal membantu para nelayan, dan para pelaku usaha yang ada di Kota Palopo.

Dalam diskusi tersebut, masing-masing ketua kelompok menyampaikan permasalahannya dimana sebagian besar nelayan, membutuhkan bantuan berupa armada perahu fiber, mesin motor, dan alat tangkap hasil laut, juga bantuan berupa pupuk, untuk budidaya tambak rumput laut, dan terkait perizinan usaha, dan asuransi bagi nelayan.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, H.Rusdi Masse Mappasessu. Menjelaskan posisi kedudukan komisi IV DPR RI bidang Kementerian Kelautan dan Perikanan adalah wakil yang mewakili Kota Palopo di DPR RI, menyampaikan dan memperjuangkan aspirasi masyarakat dan mencari solusi apa yang menjadi halangan dan hambatan para pelaku usaha kelautan dan perikanan.

“Penting buat saya mendengar aspirasi-aspirasi yang ada, dan dalam memperjuangkan aspirasi ini tentunya saya membutuhkan dinas terkait berkoordinir tentang permasalahan yang ada dan mencarikan solusinya” tutur Rusdi Masse yang juga ketua Nasdem Provinsi Sul-Sel.

Beliau juga menyampaikan dalam kegiatan ini, semua yang hadir dapat bertukar pikiran, sharing agar aspirasi-aspirasi yang ada dapat dipahami, bersama-sama mencarikan solusi dan diperjuangkan di DPR RI Pusat, yang nantinya Pemerintah setempat memberikan langkah-langkah solusi terkait permasalahan yang ada.

Lanjutnya menjelaskan terkait bantuan-bantuan yang telah diusulkan, agar dinas terkait melengkapi dokumen yang diprlukan, agar nantinya diusulkan hingga terelisasi secepatnya, seperti contoh budidaya rumput laut, yang memerlukan bantuan benih bibit rumput laut.

” Terpilihnya saya di Kota Palopo ke DPR RI,secara tidak langsung menjadi tangung jawab saya, untuk menyampaikan apa yang menjadi kendala nelayan, pelaku usaha yang ada disini, mencarikan solusinya mewakili daerah pemilihnya dan itu komitmennya,” tegas Rusdi Masse.

Hadir pada kegiatan ini, Anggota DPRD provinsi beserta rombongan, Anggota DPRD Kota Palopo, Kadis kelautan dan perikanan. Hj.Nurlaeli Kaso, S.Pt, Ketua kelompok Nelayan se-Kota Palopo, Para pelaku usaha dan tamu undangan. (Awalani/Juna_Kominfo).