KPU Majene Gelar Rakor dan Sosialisasi Tahapan Pemilu 2024

  • Whatsapp
KPU Majene Gelar Rakor dan Sosialisasi Tahapan Pemilu 2024

MAJENE,UPEKS.co.id Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Majene menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dan Sosialisasi Pendaftaran, Verefikasi dan Penetapan Parpol serta Pemilu anggota DPRD di Villa Bogor, Senin (01/8/2022). Kegiatan tersebut dihadiri Komisioner KPU, Kapolres Majene, AKBP

Febryanto Siagian, sekaligus selaku pemateri, perwakilan Kejari Majene, Anggota Bawaslu Majene, Pengurus Parpol dan pimpinan OPD terkait.

Bacaan Lainnya

Ketua KPU Kabupaten Majene Arsalin Aras dalam sambutannya mengatakan, bahwa kegiatan tersebut sekaligus untuk mengimpelmentasikan Peraturan

KPU (PKPU) Nomor 4 Tahun 2022 di KPU tingkat kabupaten. Dia  menyebutkan bahwa tahapan pendaftaran partai politik (parpol) peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 akan digelar pada 1 hingga 14 Agustus 2022.

“Olehnya itu perlu dilakukan Rakoor dan Sosialisasi dengan melibatkan sejumlah pihak demi menyukseskan Pemilu 2024 mendatang. Untuk melaksanakan ketentuan Pasal 167 ayat (8) Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, maka perlu menetapkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024,” kata Arsalin Aras.

Arsalin juga menyampaikan, mengingat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2017 Nomor 182, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 6109) serta PKPU Nomor 8 tahun 2019 tentang Tata Kerja Komisi Pemilihan Umum.

“KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten/Kota (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2019 Nomor 320) sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 4 Tahun 2021 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum.

“Selain PKPU Nomor 3 tahun 2022, juga hari ini kita sosialisasikan PKPU Nomor 4 tahun 2022 tentang pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik peserta Pemilu anggota DPR dan DPRD,” sebutnya.

Sementara itu, Kapolres Majene, AKBP Febryanto Siagian saat membawakan materinya menjelaskan, Saat ini konstalasi politik jelang Pemilu 2024 sudah mulai terasa, sehingga dibutuhkan komitmen bersama untuk menyukseskannya.

“Kita berharap Pemilu 2024 mendatang sama seperti Pemilu 2019 lalu yang dinilai cukup kondusif,” katanya.

Dia berharap kepada seluruh pengurus Parpol yang nantinya ikut dalam pesta demokrasi dapat memberikan pemahaman kepada para pendukungnya, agar dapat mengikuti tatanan peruturan yang ada supaya mulai dari tahapan hingga Pemilu kedepan berjalan sesuai harapan dan kondusif.

“Jika ada informasi yang beredar di masyarakat dan berpotensi menimbulkan kegaduhan serta dapat mengganggu Kamtibmas di wilayah hukum Polres Majene supaya dilaporkan ke kami,” tegas Febryanto.

Untuk diketahui, bahwa tahapan jadwal penyelenggaraan Pemilu 2024 sudah memasuki penyusunan perencanaan, program, dan anggaran Pemilu pada Selasa 14 Juni 2022. Sementara, pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih akan dilaksanakan pada Jum’at 14 Oktober 2022 mendatang. (Ali)