Konjen Australia dan Katalis Roadshow di Kota Makassar

Konjen Australia dan Katalis Roadshow di Kota Makassar

MAKASSAR,UPEKS.co.id— Konsulat Jenderal Australia dan Katalis menyelenggarakan roadshow di Kota Makassar. Kegiatan tersebut untuk memberikan informasi kepada instansi, bisnis dan industri.

Tentang bagaimana program Katalis dapat membantu mengidentifikasi dan mengembangkan peluang pasar yang baru dan menginspirasi kemitraan antara pelaku bisnis di Indonesia dan Australia.

Bacaan Lainnya

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Four Point tersebut turut mengundang Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Iwan Darmawan Aras, termasuk Direktur Mualla Group Syarifuddin Mualla.

Menurut Wakil Ketua Umum Bidang Industri Kesehatan dan Telemedicine Kadin Sulsel ini, pemerintah Australia bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia untuk mewujudkan manfaat  penuh dari Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia (IA-CEPA). 

“Program Kerjasama Ekonomi yang didirikan di bawah IA-CEPA, Katalis, bertujuan untuk  meningkatkan akses pasar, meningkatkan perdagangan dan investasi dua arah, serta mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif,” tandas Syarifuddin.

Kata Syarifuddin, pada kesempatan tersebut, ada 4 sektor kerjasama yang dibahas pertama industri hijau green energy, seperti baterai listrik untuk charger mobil termasuk didalamnya terkait dengan tambang nikel.

“Peluang ini sangat besar bagi Provinsi Sulsel khususnya karena telah diketahui Sulsel memiliki produk nikel yang cukup besar,” ucap Syarifuddin.

Pembahasan yang kedua, sambung Syarifuddin, terkait industri kesehatan seperti rumah sakit dan ketiga adalah pendidikan vokasi.

“Termasuk ekspor rempah seperti kopi dan coklat (kakao) dan pertemuan ini atau roadshow ini penting bagi kedua negara antara Indonesia dengan Australia termasuk Sulsel karena saling menguntungkan ke dua negara tersebut,” tandas Syarifuddin.

Menurut Syarifuddin, melalui peluang kerja sama Australia dan Sulsel diharapkan meningkatkan ekonomi Sulsel dan meningkatkan perdagangan dan investasi ditengah goncangan ekonomi global.

“Saya kira peluang besar bagi Sulsel untuk ditingkatkan kerjasamanya karena saling menguntungkan kedua belah pihak, dan mudah-mudahan kedepannya terus terjalin dengan baik,” ucapnya.

Adapun yang hadir pada kegiatan tersebut Director Katalis Paul Barlett, Lead Adviser, Communication, Katalis Sondang Sirait dan Konsulat Jenderal Australia. (aca)