Kelurahan Tompotikka Jadi Kelurahan CINTA Statistik

Kelurahan Tompotikka Jadi Kelurahan CINTA Statistik
PALOPO, Upeks.co.id – Asisten Administrasi Umum, dr.Ishaq Iskandar,M. Kes, mewakili Wali Kota, menghadiri Pembinaan Desa CINTA Statistik , oleh Badan Pusat Statistik, di Kantor Kelurahan Tompotikka Kota Palopo. Selasa 02/08/2022 .

Laporan Lurah Tompotikka, Mahmud S.Sos, menyampaikan bahwa Kelurahan Tompotikka merupakan kelurahan yang strategis di Kota Palopo, kelurahan ini memiliki 5 RW dan 18 RT.

Jika melihat jumlah kantor pemerintahan pada kelurahan ini, bisa dikatakan bahwa kelurahan ini adalah pusat pemerintahan di Kota Palopo, pada kelurahan ini terletak kantor Wali Kota Palopo, DPRD Kota Palopo, 12 Kantor Dinas/Badan Milik Pemerintah  Kota Palopo, dan 3 Kantor Instansi Vertikal yang salah satunya adalah Pengadilan Negeri Palopo.

Bacaan Lainnya

“Dari jumlah sarana pendidikan, sarana pada kelurahan ini juga lengkap mulai dari TK hingga Perguruan Tinggi, baik negeri maupun swasta bisa ditemukan pada kelurahan ini. maka sudah selayaknya kelurahan ini ditetapkan menjadi kelurahan cinta statistik.“ Ujarnya

Pembinaan Desa Cinta Statistik merupakan kegiatan pembinaan oleh Badan Pusat Statistik Kepada Kelurahan Tompotikka berupa Pembinaan sektoral serta pembinaan statistik sektoral serta penggunaan data itu sendiri sebagai dasar perencanaan dan evaluasi pembangunan Kelurahan.

“Semoga dengan adanya Pembinaan ini memberikan manfaat bagi Kelurahan, Pemerintah daerah serta badan pusat Statistik’. Ujarnya.

Kepala BPS Kota Palopo Muhammad Rismat R, SE M. Si, juga mengatakan bahwa program kelurahan CANTIK ini Merupakan inovasi yang dilakukan BPS, di mana program sejalan dengan semangat Satu Data Indonesia, yaitu mewujudkan keterpaduan perencanaan pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan kedepan.

Kelurahan Tompotikka di Kota Palopo, akan menjadi kelurahan binaan untuk meningkatkan kompetensi aparatur kelurahan dalam pengelolaan dan pemanfaatan data, sehingga perencanaan pembangunan kelurahan lebih tepat sasaran.

“Kegiatan ini untuk memberikan edukasi data dan mengendalikan BPS dari Level Kelurahan.” Jelasnya.

Selain itu, manfaat dicanangkan Kelurahan Cantik ini tersedianya data-data  statistik yang akurat sebagai dasar informasi dalam proses pembangunan.

“Output yang diharapkan perangkat kelurahan mampu mengolah data dengan baik, agar data siap  digunakan oleh berbagai pihak, dan perangkat kelurahan memiliki kemampuan menyajikan statistik dalam bentuk sederhana dan mudah di pahami.” Ujarnya.

Sambutan Wali Kota Palopo, yang disampaikan dr. H.M. Ishaq Iskandar,M. Kes, beliau mengatakan bahwa seperti yang pernah disampaikan bapak presiden kita, yakni guna mewujudkan Indonesia, yang satu, kita juga harus bekerja sama membangun Indonesia secara adil dan merata, membangun Indonesia-sentris dengan membangun dari pinggiran, dari desa, dari pulau terdepan, hingga perbatasan. Oleh karena itu, peran/desa Kelurahan sangatlah penting yakni sebgai subjek dan ujung tombak pembangunan Indonesia.

“Secara umum tujuan dari meningkatkan literasi, kesadaran dan peran aktif perangkat desa/kelurahan dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik standardisasi pengelolaan data statistik untuk menjaga kualitas dan keterbandingan indikator statistik optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan data statistik sehingga program pembangunan di desa/kelurahan tepat sasaran membentuk agen-agen statistik pada level desa/kelurahan.” Ujarnya.

“Program Desa Cantik tahun 2022, secara Khusus bertujuan untuk, meningkatkan kapasitas desa/Kelurahan dalam mengidentifikasi Kebutuhan data dan potensi Yang di miliki desa dalam rangka mendukung pengentasan Kemiskinan. Dari tujuan tersebut Semoga Kelurahan Tompotikka ini dapat memperoleh sekian Kebermanfaatan desa cantik ini.” Tambahnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala BPS Kota Palopo, perwakilan dari Bappeda Kota Palopo, Dinas Persandian  dan Statistik, Dinas Kominfo, Camat Wara, dan Lurah Tompotikka. (Asraf/Nurul-kominfo)