Kadisdik Sidrap Kukuhkan 41 Guru Penggerak Angkatan ke-3

Kadisdik Sidrap Kukuhkan 41 Guru Penggerak Angkatan ke-3

SIDRAP,UPEKS.co.id— Sedikitnya 41 Guru di Sidrap di kukuhkan sebagai guru penggerak, Penerbitan Sertifikat Guru Penggerak telah dikeluarkan oleh kemendikbuk untuk Angkatan 3 Kab.

Sebanyak 41 orang Guru Penggerak tersebut, yakni  5 guru dari SMA, 6 guru dari SMP, 26 orang dari SD, dan 4 orang dari PAUD/TK, ini menjadi tindak lanjut untuk mengukuhkan Guru Penggerak yang dilaksanakan Jum’at, 12 Agustus 2022 di Aula Disdikbud Sidrap. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu lndonesia Raya yang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Mars Guru Penggerak. Untuk hikmatnya acara dibuka dengan pembacaan Doa. 

Bacaan Lainnya
 

Acara pengukuhan Guru Penggerak dihadiri langsung Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab.Sidrap yang Bapak Faizal Sehuddin, S STP., M.Adm.KP didampingi oleh Kepala Bidang GTK Bapak Syamsuddin, S.Pd., M.Ap dan Kepala Bidang PAUD/PLS Bapak Rahmat Hambali. Beberapa video aksi nyata ditayangkan seperti Ibu Fitriani dari PAUD Percontohan Pangkajene Sidrap dengan pembelajaran berdiferensiasi dikelas, lbu Dasmiati SDN 2 Wette’e dengan mengubah eceng gondok di danau sidenreng menjadi jadi tas yang berdaya guna, Ibu Khadijah SMP Neg 3 Pangsid dengan kegiatan In house training IKM (Imementasi Kurikulum Merdeka), program P5 (Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dengan tema Kewirausahaan yaitu pembuatan batako, Bapak Rahmat Ahmad dari SMAN 2 Sidrap dengan program P5 dengan tema Gaya Hidup Berkelanjutan dengan pemilahan sampah bahan plastik botol, gelas, dan kertas selain itu juga sebelumnya ada kegiatan IKM Mandiri berubah untuk kelas X atau Fase E.

 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Faizal Sehuddin juga mengatakan meminta kolaborasi SMA yang menjadi kewenangan Provinsi yang berdomisili di kabupaten untuk bersinergi dalam berbagai pengembangan potensi di bidang Pendidikan termasuk kegiatan Smart School.

Begitu juga di guru PAUD, SD, dan SMP untuk kita perjuangkan haknya termasuk Guru P3K. bekerjalah secara ikhlas dengan memberi solusi. 

Prioritas Guru Penggerak untuk mengisi posisi-posisi penting menjadi pemimpin-pemimpin di sekolah untuk terus menggerakkan kata Kabid GTK Syamsuddin. 

Inovator pendidikan tentu dibutuhkan untuk menjawab tantangan abad 21 dengan tekhnologi yang menuju metaverse misal dengan program aplikasi belajar dan belajar tambahan yang tidak membosankan kata Kabid PAUD. 

Harapan Kadisdikbud yaitu menjadi pendorong transformasi Pendidikan di Kab. Sidenreng Rappang, menjadi pemimpin pembelajaran yang berpihak pada murid, membangun ruang kolaborasi antar guru dan pemangku kepentingan di kab. Sidrap, dan menggerakkan komunitas belajar di Kab. Sidrap. 

Koordinator Guru Penggerak Angkatan 3 Kab. Sidrap Bapak Erwin berharap setelah pengukuhan ini kita terus jadi inspirasi dalam mengimbaskan ke rekan guru yang lain. Dukunganpun muncul dari Bapak Ibu Pengajar Praktik dan Bapak Fasilitator yang senantiasa melengkapi dan menuntun arah Guru Penggerak kab. Sidrap. (Risal Bakri)