Indonesia Shopping Festival 2022 Dibuka di NIPAH PARK, Bawa Misi Pertumbuhan Ekonomi

Indonesia Shopping Festival 2022 Dibuka di NIPAH PARK, Bawa Misi Pertumbuhan Ekonomi

Makassar, Upeks.co.id — Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DPD Sulselbar optimis kondisi dunia usaha khususnya industri ritel semakin membaik setelah dua tahun terakhir mengalami tantangan pandemi COVID-19.

Merespon hal tersebut, berbagai upaya dan optimisme terus dilakukan oleh APPBI salah satunya dengan menggelar Indonesia Shopping Festival (ISF) 2022. Festival yang dihelat serentak di seluruh pusat perbelanjaan anggota APPBI ini berlangsung pada 11-21 Agustus 2022.
Optimisme tersebut muncul dari kondisi yang mulai membaik dan antusias belanja masyarakat yang semakin meningkat, sehingga diharapkan Indonesia Shopping Festival 2022 dapat meningkatkan jumlah transaksi dan pengunjung pada pusat perbelanjaan sehingga mempercepat pemulihan dan pertumbuhan ekonomi secara nasional, khususnya Makassar, yang tentunya mampu memberikan keuntungan bagi pengusaha kecil dan menengah untuk mengangkat produk khas daerahnya melalui pusat perbelanjaan.

Bacaan Lainnya

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DPD Sulselbar, Ricky Theodores, mengatakan Indonesia Shopping Festival 2022 merupakan inovasi yang dilakukan oleh APPBI dan jadi gelaran Indonesia Shopping Festival pertama setelah program Indonesia Great Sale yang diadakan sebelumnya.

“Festival belanja ini sekaligus menjadi perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77. Dengan diadakannya Indonesia Shopping Festival diharapkan bisa menggeliatkan perekonomian Indonesia, khususnya Kota Makassar,” ungkapnya.

Pembukaan festival ini digelar serentak di beberapa kota besar pada hari Kamis, 11 Agustus 2022 pukul 14.00 WIB, Kota Surakarta sebagai lokasi utamanya. Sedangkan untuk wilayah Sulselbar, NIPAH PARK terpilih menjadi lokasi pembukaan Indonesia Shopping Festival 2022 tepatnya di Main Atrium.

Pembukaan digelar mulai pada pukul 11.00 WITA hingga selesai. Dihadiri oleh pusat perbelanjaan anggota APPBI DPD Sulselbar antara lain Mal Ratu Indah, NIPAH PARK, Trans Studio Mall Makassar, Phinisi Point, Mal Panakkukang, Mall GTC, dan Panakkukang Square Mall.

Didukung oleh Pemerintah Kota Makassar, Dinas Pariwisata Kota Makassar, dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Makassar, Indonesia Shopping Festival 2022 dimeriahkan dengan berbagai program yang menggairahkan kembali aktivitas belanja, antara lain pesta diskon spesial hingga 77 persen di berbagai tenant. Hal ini terinisiasi oleh usia Republik Indonesia pada Agustus tahun ini, yakni 77 tahun.

Selain pesta diskon, hadir pula pameran produk dalam negeri dan UMKM di seluruh pusat perbelanjaan. Untuk bisa kembali bangkit pasca kontraksi pertumbuhan tiap tahun atau year on year, dibutuhkan kerja sama antara ritel besar dan kecil. Untuk itu, ke depannya akan ada kesempatan bagi UMKM dan jenama lokal untuk masuk ke dalam pusat perbelanjaan.

Tak sampai di situ, Indonesia Shopping Festival 2022 juga dimeriahkan dengan festival kuliner khas nusantara, pertunjukan kesenian daerah, dan kolaborasi program masing-masing pusat belanja pada periode Indonesia Shopping Festival 2022.

“Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan tingkat pengunjung setelah melandainya pandemi. Rata-rata persentasi traffic nasional di berbagai pusat perbelanjaan masih di angka 70-80 persen dibandingkan masa sebelum pandemi di tahun 2019. Tentu ini salah satu upaya kita untuk melakukan percepatan dan menyemarakkan kembali pusat perbelanjaan,” pungkas Ricky.
Gelaran ini diharapkan mampu menstimulasi gairah belanja dan kunjungan masyarakat ke pusat perbelanjaan, lanjut Ricky.

Hadir dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Muhammad Roem, menuturkan pihaknya menyambut baik dan mengapresiasi gelaran Indonesia Shopping Festival 2022. Menurutnya, gelaran seperti ini memang diperlukan selain menggairahkan kegiatan belanja secara luring juga memberikan kesempatan pada konsumen untuk memperoleh barang berkualitas dengan harga miring.
“Kami di pemerintahan secara general bertugas memfasilitasi program ini yang merupakan kolaborasi bersama antara industri, seluruh mal, dan bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Makassar. Kami dari Dinas Pariwisata bertugas mengaktivasi program di mal-mal agar bisa terjadi peningkatan target kunjungan dari segi wisata kuliner dan belanja di Kota Makassar,” ungkapnya.

Roem juga menambahkan festival ini merupakan ‘pemanasan’ untuk beberapa agenda-agenda besar di Makassar antara lain Great Sale yang merupakan agenda tahunan dalam rangka HUT Kota Makassar di November mendatang dan juga Makassar International Eight Festival and Forum atau yang populer dikenal festival F8.
“Walaupun tingkat kunjungan belum seperti 2019 tapi setidaknya kita sudah merangkak naik. Makassar ini adalah salah satu kota yang paling cepat recoverynya dan menjadi salah satu kota yang menyumbangkan pertumbuhan ekonomi terbesar di Indonesia. Kita berharap seluruh aspek bergerak bersama untuk pertumbuhan ekonomi ini, sesuai ekspektasi dari kegiatan ini,” tambahnya.

Selama Indonesia Shopping Festival 2022 berlangsung, APPBI juga tetap menghimbau seluruh pusat perbelanjaan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan, salah satunya dengan tetap memberlakukan aplikasi PeduliLindungi guna menciptakan suasana belanja yang aman dan nyaman.(rls)