HUT ke-65 Astra Meriahkan Hari UMKM Nasional dan Hari Kemerdekaan RI

HUT ke-65 Astra Meriahkan Hari UMKM Nasional dan Hari Kemerdekaan RI

 JAKARTA, Upeks–Melanjutkan kemeriahan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-65 Astra yang dimulai pada Februari lalu, Astra kembali mengadakan perayaan HUT ke-65 Astra hari ini (18/8/2022). Perayaan yang mengangkat momentum Hari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Nasional dan HUT ke-77 Republik Indonesia (RI) kali ini dibalut dalam nuansa khas dari wilayah Sulawesi.

Turut hadir secara virtual dalam acara ini Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) RI Teten Masduki, Direktur Astra Gita Tiffani Boer, dan Insan Astra dari berbagai penjuru Indonesia.

Bacaan Lainnya
HUT ke-65 Astra Meriahkan Hari UMKM Nasional dan Hari Kemerdekaan RI
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Republik Indonesia Teten Masduki memberikan keynote speech pada perayaan HUT Ke-65 Astra Wilayah Sulawesi hari ini (18/8).

“Kami berharap Astra dapat memperkuat program kemitraan UMKM, baik melalui Yayasan Dharma Bhakti Astra ataupun melalui anak perusahaan lainnya. Semoga seluruh upaya kolaborasi dan sinergi antarkementerian, lembaga, pemerintah daerah, BUMN, dan swasta, khususnya Astra, mampu memberikan dampak besar bagi pertumbuhan ekonomi nasional dan kesejahteraan masyarakat,” ujar Menteri Teten Masduki saat memberikan keynote speech.

HUT ke-65 Astra Meriahkan Hari UMKM Nasional dan Hari Kemerdekaan RI
Direktur Astra Gita Tiffani Boer memberikan sambutan pada perayaan HUT Ke-65 Astra Wilayah Sulawesi yang turut memperingati Hari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Nasional dan HUT ke-77 Republik Indonesia pada hari ini (18/8).

Direktur Astra Gita Tiffani Boer dalam sambutannya menegaskan bahwa Astra tidak hanya mengembangkan usahanya, tetapi juga turut membangun Insan Astra yang unggul dan mengembangkan kontribusi sosial yang berkelanjutan sepanjang 65 tahun perjalanannya.

“Hingga akhir tahun 2021, Astra telah membina lebih dari 15.900 UMKM, 24 Lembaga Pengembangan Bisnis, 878 penyandang disabilitas serta 125 start-up yang turut menggerakkan kewirausahaan Indonesia,” ujar Direktur Astra Gita Tiffani Boer.

Melanjutkan rangkaian perayaan HUT ke-65 Astra pada bulan Februari, Mei dan Juni lalu, seluruh rangkaian acara inspiratif seperti Sustainability Webinar, Perayaan HUT Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA), InnovNation Webinar, Astra Career Meet Up, Virtual Exhibition, dan Kreasi Nusantara Wilayah Sulawesi dapat diakses melalui platform digital 65tahunastra.jagat.live hingga 20 Agustus 2022.

Pada penyelenggaraan hari pertama, Astra mengadakan Sustainability Webinar bertema “Building Resilience through SMEs & local Village Product in Indonesia” yang dipandu oleh Penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards 2017 Anjani Sekar Arum. Hadir menjadi pembicara dalam sesi webinar ini Assistant Vice President Shipper Marina Hindarko dan Founder UMKM ABC Wooden Toys Rita Indriana mewakili UMKM Binaan YDBA. Rangkaian acara hari pertama kemudian ditutup dengan perayaan HUT YDBA sebagai yayasan Astra yang fokus pada pembinaan UMKM di tanah air.

Pada hari kedua, acara akan dilanjutkan dengan InnovNation Webinar bertema “Bisnis Hyperlocal, UMKM Andal” yang dibawakan oleh Penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards 2017 Djamaludin yang merupakan inisiator Kampung Sayur di Kampung Berseri Astra (KBA) Kanreapia, Sulawesi Selatan dan dilanjutkan oleh Founder IWEARUP, fashion designer, dan book author Diana Rikasari yang akan berbagi pengalamannya dalam sesi bertema “21st Century Enterpreneurship”.

Astra juga mengadakan Astra Career Meetup dengan tajuk “Project management 101” yang akan dibawakan oleh Sekretaris Pengurus YDBA Ida Rotua M. Sigalingging dan Communications & Investor Relations Manager Astra Agro Fenny Anggraeni diakhir hari kedua. Terakhir, Kreasi Nusantara Wilayah Sulawesi menjadi penutup acara perayaan HUT ke-65 Astra Wilayah Sulawesi pada hari ketiga.

Sebelumnya, Festival Kewirausahaan Astra 2022 membuka rangkaian HUT ke-65 Astra wilayah Sulawesi dengan menyelenggarakan seremoni pelepasan ekspor perdana produk unggulan dari tiga Desa Sejahtera Astra (DSA) yaitu DSA Wakatobi, DSA Bombana, dan DSA Bone dengan total transaksi senilai Rp6,5 miliar di Makassar, Sulawesi Selatan pada 12 Agustus lalu.

 

Peringatan Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia

HUT ke-65 Astra Meriahkan Hari UMKM Nasional dan Hari Kemerdekaan RI
Pelaksanaan upacara bendera dengan melibatkan peserta dalam jumlah terbatas dan bertindak sebagai pembina upacara Presiden Direktur Astra Djony Bunarto Tjondro di Menara Astra, Jakarta kemarin (17/8).

 

Pada Hari Kemerdekaan RI kemarin (17/8/2022) Astra ikut memeringati momentum tersebut dengan melaksanakan upacara bendera secara nasional yang melibatkan Insan Astra di seluruh Indonesia. Di Jakarta, upacara dilaksanakan dengan melibatkan peserta dalam jumlah terbatas di Menara Astra, dan ditayangkan secara live melalui platform digital 65tahunastra.jagat.live. Presiden Direktur Astra Djony Bunarto Tjondro bertindak sebagai pembina upacara dalam upacara bendera tersebut.

Selain itu, Astra juga meluncurkan episode perdana dari 17an Seru Bareng Astra di platform digital 65tahunastra.jagat.live dan YouTube channel SATU Indonesia dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 RI. Penonton dapat menyaksikan kelanjutan episode lomba yang dipandu oleh Tarra Budiman dan melibatkan peserta yang terdiri dari Refal Hady, Yuki Kato, Arafah, Ardit Erwandha, Dhinda Salsabila, Derrick Michael, dan para Insan Astra YouTuber di YouTube channel SATU Indonesia pada tanggal 21, 25, dan 29 Agustus 2022.

Terakhir, pada tanggal 22 Agustus 2022 mendatang Demo Day dan Awarding Astranauts 2022 yang merupakan puncak acara kompetisi inovasi digital untuk mahasiswa dan start-up dari Astra menjadi penutup rangkaian selebrasi Hari Kemerdekaan RI tahun ini.

Dengan mengangkat tema utama “Semangat Bergerak dan Tumbuh Bersama” pada perayaan HUT ke-65 ini, Astra ingin mengajak masyarakat luas yang tersebar di seluruh pelosok negeri untuk berbagi semangat positif dan optimisme, bergerak, dan tumbuh bersama menuju masa depan yang lebih baik.

Perayaan HUT ke-65 Astra masih akan berlanjut dengan membawa nuansa Wilayah Kalimantan, serta Bali, Nusa Tenggara, dan Indonesia Bagian Timur pada bulan September dan November mendatang.

Seluruh rangkaian kegiatan HUT ke-65 Astra ini sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa dan mendukung Sustainable Development Goals Indonesia. (*)