Gerakan Shalat Subuh Berjamaah, PCNU Kota Makassar Bersih-bersih Masjid dan Bantu Tempat Sampah

Gerakan Shalat Subuh Berjamaah, PCNU Kota Makassar Bersih-bersih Masjid dan Bantu Tempat Sampah

Makassar, Upeks– Gerakan shalat shubuh berjamaah dan Bersih-Bersih Masjid Berkah kembali digelar Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Makassar melalui Lembaga Takmir Masjid NU bekerjasama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Makassar, Sabtu (14/8/2022).

Kali ini menyasar Masjid Babussadah yang terletak di Jalan Macan Kelurahan Mamajang Dalam Kecamatan Mamajang, Kota Makassar.

Bacaan Lainnya

Hadir memberikan pengajian rutin shubuh Ketua Majelis Ulama Indonesia Kota Makassar Anregurutta KH. Baharuddin HS dengan mengangkat topik pengajian tingkatan makna takut dalam kajian tasawwuf, seperti orang berbuat kebaikan karena dilandasi semangat takut, atau takut tidak mendapat pahala sehingga berbuat baik.

Sementara Sekretaris Tanfidziyah PCNU Kota Makassar uztads Usman Sofian dalam sambutan silaturrahimnya menyampaikan bahwa kegiatan Gerakan shalat shubuh berjamaah ini merupakan bagian dari program jagai Makassar ta’ dengan cara memakmurkan masjid. Gerakan shalat shubuh berjamaah yang dimulai oleh Walikota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto pada momentum Ramadhan Mei 2022 lalu.

“Jadi gerakan shalat shubuh berjamaah ini NU laksanakan disamping sebagai tuntutan ibadah, program ini merupakan wujud kerjasama NU, Baznas dan Pemerintah Kota Makassar dalam hal penguatan keimanan umat, yang dirangkaian dengan gerakan Bersih-Bersih masjid,” urai Usman Sofian.

Pada kesempatan ini Baznas juga menyerahkan puluhan paket kebutuhan harian kepada para marbot Masjid Babussadah yang disalurkan dari donasi para muzakki. Dan juga, diserahkan tempat sampah organik dan non organik kepada pengurus masjid. Program ini merupakan bantuan Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Selatan kerjasama Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) NU Kota Makassar.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Camat Mamajang diwakili Lurah Mamajang Dalam, Polsek Mamajang, perwakilan Baznas, Ketua Pengurus Masjid Babussadah, Pengurus Lembaga, Badan Otonom NU, Pengurus MWC NU dan Ranting NU se Kecamatan Mamajang.