Gerak Jalan Semarakkan Kolaka Sambut HUT RI ke-77

Gerak Jalan Semarakkan Kolaka Sambut HUT RI ke-77

KOLAKA,UPEKS.co.id— Gerak jalan berlangsung selama dua hari berturut-turut di Kabupaten Kolaka Sulawesi (Sultra) dalam rangka menyambut HUT RI ke-77 cukup semarak.

Pada hari pertama (9/8/22) lomba gerak jalan dilakukan mulai dari tingkat Taman Kanak-kanak (TK) sampai tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) sebanyak 201 peserta mengambil star di depan lapangan Konggoasa hingga Finish di depan rumah adat Kolaka.

Bacaan Lainnya
 

Sementara hari kedua pada (10/8/22) lomba gerak jalan dimulai pada pukul 8.30 wita dengan star di depan lapangan Konggoasa yang dilepas oleh Asisten III Bidang Administrasi Keuangan Setda Kolaka Wardi.

Sementara dipanggung penghormatan jaraknya sekira 1,5 kilometer dari tempat star di hadiri oleh Bupati Kolaka H Ahmad Safei, Sekda Kolaka H Poitu Murtopo, anggota Badan Kehormatan DPRD Kolaka Agus Salim mewakili Ketua DPRD Kolaka, Forkopimda, Kepala BNN Kolaka, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Hj Herty Safei dan Hj Ende Jayadin.

Pantauan media di lapangan barisan yang pertama masuk di garis finish di rumah adat Kolaka depan pantai ria Mekongga adalah peserta Dharna Wanita Pemda (DWP) Kolaka.

Berdasarkan pernyataan dari Kasubag Pimpinan Bagian Protokol Pemda Kolaka Muharram Jhoni  mengatakan peserta yang ikut menyemarakkan HUT RI ke-77 di Kolaka dengan mengikuti lomba gerak sebanyak 215 peserta. Diikuti oleh seluruh jajaran instansi  Pemda Kolaka, organisasi kepemudaan, mewakili Forkopimda adalah Kejaksaan Negeri Kolaka dua barisan putra-putri, dan mewakili BUMD adalah PD Aneka Usaha satu barisan.

Dari 215 peserta lomba gerak jalan ada beberapa peserta yang menjadi perhatian dengan adanya  17 barisan yang semuanya memakai kostum bertuliskan Haryanto Suaib (HRS) juga diikuti oleh dua kendaraan ambulance juga bertuliskan HRS disertai dengan foto pemilik kendaraan ambulance tersebut.

Begitupun halnya salah satu peserta gerak jalan dengan membawa spanduk bertuliskan “The Big Family KM 1 Kolaka” dimana di spanduk tersebut bertuliskan siap mendukung Ahmad Safei Menuju Senayan dengan akronim AMS. Lomba gerak jalan berakhir pada pukul 17.30 wita sore.

Usai acara gerak jalan dimana jalan sekira 3 kilometer dilalui oleh peserta gerak jalan sampai digaris finish rumah adat Kolaka kini dipenuhi dengan sampah botol minuman air mineral dan sampah lainnya yang dibuang oleh warga saat turut menyaksikan lomba gerak jalan. Begitu acara selesai pasukan baju orange dari Dinas Lingkungan Hidup Pemda Kolaka langsung bergerak cepat melakukan pembersihan semua sampah-sampah yang berserakan di jalan-jalan tersebut, sehingga hanya beberapa jam saja tidak lagi sampah yang berserakan di jalanan. (pil)