Eks Kasat Pol PP Makassar Cs Segera Disidangkan

Eks Kasat Pol PP Makassar Cs Segera Disidangkan

MAKASSAR,UPEKS.co.id— Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Makassar, menerima pelimpahan tahap 2 berkas perkara eks Kasatpol PP Makassar, Iqbal Asnan Cs dalam kasus penembakan pegawai Dishub Makassar Najamuddin Sewang.

Pelimpahan tahap 2 atau pelimpahan tersangka dan barang bukti itu, dilakukan penyidik Satreskrim Polrestabes Makassar setelah JPU menyatakan berkas perkara tersebut telah lengkap.

Bacaan Lainnya

Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejari Makassar, Asrini As’ad dikonfirmasi membenarkan pelimpahan tahap 2 perkara tersebut. Menurutnya, pelimpahan tahap 2 itu dilakukan penyidik setelah berkas dinyatakan lengkap atau P-21.

JPU menilai bahwa berkas perkara yang telah diserahkan oleh penyidik, telah terpenuhi secara formil dan materil. Termasuk 5 petunjuk JPU sebelumnya yang diminta untuk dilengkapi oleh penyidik. 

“Pelimpahan tahap 2 nya sudah kita terima. Setelah tahap dua ini, maka  perkara tersebut menjadi kewenangan JPU. Bukan lagi berstatus tersangka melainkan terdakwa, ” kata Asrini As’ad saat dikonfirmasi, Kamis (11/8/22).

Empat tersangka yang diserahkan yakni mantan Kasatpol PP Kota Makassar Iqbal Asnan, Asri, selaku oknum pegawai Pemkot Makassar. Serta dua tersangka lainnya yakni Chaerul Akmal dan Sulaiman, yang diduga telah melakukan penembakan terhadap Najamuddin Sewang. 

Saat dilakukannya pemeriksaan dan pelimpahan tersangka berlangsung secara terpisah. Terlihat beberapa anggota Provost yang berjaga dan mengawal ketat proses pelimpahan tahap dua tersebut, yang berlangsung di ruang Satreskrim Polrestabes Makassar.

” Untuk keempat tersangka ini, tetap kita tahan selama 20 hari kedepan. Dengan status sebagai tahanan Jaksa, ” beber Asrini As’ad. 

Keempat tersangka tersebut akan menjalani masa penahanan, di sel tahanan Mapolrestabes Makassar, sebagai tahanan titipan JPU. 

Sembari menunggu kesiapan JPU untuk, melimpahkan kasus tersebut ke persidangan.

Menurut Asrini As’ad, setelah menerima pelimpahan tahap 2, perkara tersebut akan segera dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Makassar untuk disidangkan.

“Kalau sudah rampung semua, maka kami akan segera limpahkan ke Pengadilan Negeri Makassar, ” ucap Asrini As’ad.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polrestabes Makassar, AKBP Reonald Simanjuntak dikonfirmasi membenarkan telah melimpahkan tahap 2 perkara tersebut.

“Penerimaan tahap 2 nya dilakukan langsung oleh Kasi Pidum Kejari Makassar, ” kata perwira Polri dua bunga ini.

Diketahui, Najamuddin Sewang tewas ditembak di Jl Danau Tanjung Bunga Makassar, pada 3 April 2022 lalu. Polisi menangkap lima orang pelaku, termasuk eks Kepala Satpol Makassar M Iqbal Asnan yang merupakan otak pembunuhan. (Jay)