BPJS Kesehatan Kenalkan Layanan Non Tatap Muka ke ASN Buton Selatan

BPJS Kesehatan Kenalkan Layanan Non Tatap Muka ke ASN Buton Selatan

Batauga, Upeks.co.id – BPJS Kesehatan Cabang Baubau terus berupaya untuk melakukan sosialisasi tentang pentingnya mengakses pelayanan non tatap muka kepada seluruh peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Kali ini, BPJS Kesehatan Cabang Baubau melakukan sosialisasi kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Buton Selatan, Rabu (10/08).

Bacaan Lainnya
 

Kepala Sumber Daya Manusia, umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Baubau, Shandy EB menuturkan bahwa selain Aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan juga mengembangkan layanan non tatap muka lainnya seperti Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA) di nomor 08118165165 dan BPJS Kesehatan Care Center 165.

“Salah satu kewajiban peserta adalah melaporkan perubahan data salah satunya setelah menjadi peserta segmen pekerja penerima upah kategori ASN, maka silahkan mendaftar melalui Pandawa BPJS Kesehatan,” ungkapnya.

Shandy menuturkan bahwa cukup dengan menulis chat selamat pagi ke nomor WA tersebut, maka nantinya akan dijawab secara otomatis serta akan di kirimkan link yang wajib segera diisi oleh peserta. Setelahnya, peserta dapat memilih sesuai jenis layanan yang di butuhkan baik itu perubahan faskes, perubahan identitas, nomor handphone atau alamat domisili.

“Untuk jam layanan dari jam 08.00-15.00 waktu setempat. Jadi peserta tidak perlu ke kantor BPJS Kesehatan. Selain itu apabila ada permintaan informasi ataupun pengaduan dapat melalui aplikasi Mobile JKN atau,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, BPJS Kesehatan juga menginformasikan bahwa saat ini Kartu Tanda Penduduk (KTP) telah resmi menjadi identitas kepesertaan Program JKN. Sehingga jika mengakses pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan, baik di tingkat pertama maupun tingkat lanjutan, bisa dengan menunjukkan KTP.

“Jika masih ada fasilitas Kesehatan yang menolak pasien tersebut maka silahkan laporkan ke BPJS Kesehatan terdekat atau melalui mobile JKN atau Care Center 165,” tutup Shandy.

ASN Pemerintah Kabupaten Buton Selatan terlihat antusias mendengarkan penjelasan dalam kegiatan ini. Peserta merasa mendapatkan banyak informasi mengenai Program JKN dan kepesertaan. Hal tersebut disampaikan oleh La Ode Firman, salah satu peserta dalam kegiatan sosialisasi tersebut.

“Pada prinsipnya kami sebagai peserta JKN sangat berterimakasih kepada BPJS Kesehatan atas kemudahan layanan yang diberikan, diharapkan semua peserta JKN dapat mengakses layanan secara paripurna dan menyeluruh tanpa sekat,” ujarnya.