ASN Dinas Pendidikan Kabupaten Makale Ramai-Ramai Unduh Aplikasi Mobile JKN

ASN Dinas Pendidikan Kabupaten Makale Ramai-Ramai Unduh Aplikasi Mobile JKN

 

Makale, Upeks.co.id – Guna meningkatkan pemahaman peserta tentang informasi terkini seputar Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan Cabang Makale terus gencarkan sosialisasi kepada peserta JKN di Tana Toraja. Kali ini, BPJS Kesehatan Cabang Makale menggelar sosialisasi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Makale untuk mengetahui hak dan kewajibannya peserta serta informasi terbaru terkait JKN.

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang Kepesertan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Makale, Zari Puspita Ayu mengatakan seluruh peserta, khususnya bagi pekerja di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Makale perlu untuk mengetahui informasi mengenai hak dan kewajiban sebagai peserta JKN. Dalam kesempatan tersebutm dirinya juga mengajak seluruh warga Dinas Pendidikan Kabupaten Makale untuk mengunduh Aplikasi Mobile JKN.

“Fungsinya agar peserta JKN dapat melihat keaktifan kartu peserta, pindah faskes tingkat pertama, konsultasi dokter, melihat informasi ketersediaan tempat tidur di rumah sakit dan untuk menyampaikan keluhan tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan,” pesan Zari.

Kepala Bidang Pendidikan dan Kurikulum Dinas Pendidikan Kabupaten Makale, Alexander Patandean menyambut baik kedatangan BPJS Kesehatan dan berharap kegiatan ini bisa ruti dijalankan untuk mengetahui inovasi-inovasi terbaru dari BPJS Kesehatan.

“Ternyata banyak manfaat Mobile JKN, kami tidak perlu lagi datang ke kantor karena bisa dilakukan di aplikasi ini. Ramai-ramai kami download aplikasinya,” katanya.

Meski sudah menjadi peserta JKN sejak era PT. Askes, namun Alexander mengungkapkan bahwa banyak masih Pegawai Negeri Sipil yang belum memahami hak dan kewajiban peserta JKN secara komprehensif, sehingga sering terjadi kesalahpahaman prosedur di era BPJS Kesehatan.

“Kita lakukan sosialisasi hari ini, karena masih banyak informasi yang salah kaprah antara regulasi dan kondisi di lapangan, seperti pelayanan kesehatan yang didapat oleh peserta, mekanisme dan prosedur pengaduan keluhan peserta, serta pengurusan administrasi perubahan data peserta,” tuturnya.

Mewakili Dinas Pendidikan Kabupaten Makale, Alexander mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan karena meluangkan waktunya untuk memberikan pemahaman terkait Hak dan Kewajiban serta memperkenalkan aplikasi Mobile JKN.

“Kegiatan seperti ini perlu sering dilakukan oleh BPJS Kesehatan, sehingga pemahaman terkait program JKN dapat kami ketahui, selain itu isu-isu terbaru serta kebijakan dari BPJS Kesehatan dapat kami ketahui juga,” ujarnya.