41 Mahasiswa Unimen Belajar di Luar Kampus Selama Satu Semester

41 Mahasiswa Unimen Belajar di Luar Kampus Selama Satu Semester

ENREKANG,UPEKS.co.id— Sebanyak 41 Mahasiswa/Mahasiswa Universitas Muhamadiyah Enrekang (UNIMEN)  mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka dan Program Wirausaha Merdeka.

41 peserta ini dibagi dua, 20 Mahasiswa Kampus Merdeka, Wirausaha Kampus Merdeka 21 orang Mahasiswa.

Bacaan Lainnya

Untuk Kampus Merdeka mereka ditempatkan di tiga Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia yakni Ternate, Maluku, Muhammadiyah Purwokerto dan Universitas Muhamadiyah Magelang.

Sementara Wirausaha Kampus Merdeka ada dua Kampus yakni Unismuh Makassar dan Politeknik Jember.

Rektor Unimen Dr. Yunus Busa menjelaskan program ini adalah Program Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Mahasiswa yang berminat langsung melakukan pendaftaran dan pihak Kementerian yang  melakukan penyaringan.

“Jadi dinyatakan lulus itu dari Kementerian, karena ini program Pemerintah pembiayaannya juga dari Kementerian,” Ujar Rektor Unimen.

Dengan adanya program pertukaran Mahasiswa ini, selaku Rektor Yunus Bisa berharap seluruh Mahasiswa yang sudah memenuhi syarat untuk belajar di luar kampus dapat memanfaatkan peluang ini sebaik mungkin.

“Pada Program ini, para Mahasiswa yang dinyatakan lolos akan menimbah ilmu di Kampus yang telah ditunjuk selama satu semester atau minimal harus melalui 20 Satuan Kredit Semester (SKS) untuk pelaksanaan satu semester,” Kata Yunus Busa.

Untuk Universitas Muhamadiyah Enrekang dengan adanya program Pemerintah dalam implementasi Kampus Merdeka memberikan hak kepada Mahasiswa dan Mahasiswa belajar diluar Prodi, satu semester didalam kampus dan dua semester diluar kampus atau setara dengan 40 SKS.

“Kami berharap semaksimal mungkin lebih banyak lagi yang memanfaatkan program – program seperti ini. Jadi jika ada informasi dari Kementerian saya berharap para Dosen Prodi segera menyampaikan kepada Mahasiswa dan membantu mereka untuk proses pendaftaran,” Pungkas Rektor.

Dengan adanya program pertukaran Mahasiswa Merdeka dan program wirausaha Merdeka diharapkan mereka dapat bermanfaat untuk dirinya sendiri dan bisa membagikan pengalaman mereka kepada adik-adik Mahasiswa lainnya.

Program seperti ini juga akan menumbuhkan dan menguatkan  jiwa Entrepreneurship yang menjadi visi misi kampus. (Sry)