Sabet Juara 2 Tingkat Nasional LPDWN, Bupati Sidrap Serahkan Penghargaan Kemendes PDTT ke Pengelola Bukit Punjabu

Sabet Juara 2 Tingkat Nasional LPDWN, Bupati Sidrap Serahkan Penghargaan Kemendes PDTT ke Pengelola Bukit Punjabu

SIDRAP,UPEKS.co.id— Bupati Sidrap, H. Dollah Mando,  menyerahkan piagam penghargaan dan hadiah kepada pengelola Taman Wisata Bukit Punjabu, Desa Buntu Buangin, Kecamatan Pitu Riase, Ahad 3 Juli 2022.

Dollah Mando didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Perempuan dan Perlindungan Anak, Abbas Aras, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, Indah Said Roem, dan Kepala Desa Buntu Buangin, Ramli Paki, saat menyerahkan langsung penghargaan di lokasi Wisata.

Bacaan Lainnya

Adapun penghargaan dan hadiah berasal dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Republik Indonesia, atas dedikasi dan komitmen dalam mendukung program pengembangan desa wisata tahun 2022.

Piagam tersebut diserahkan Wakil Presiden RI, K.H. Ma’ruf Amin didampingi Menteri Desa PDTT RI, Abdul Halim Iskandar, di JS Luwansa Hotel & Convention Center, Jl H. R Rasuna Said C-22 Jakarta, Kamis 23 Juni 2022 lalu.

Diketahui, Bukit Sulapa Angin Punjabu berhasil menjadi juara 2 tingkat nasional pada Lomba Promosi Desa Wisata Nusantara (LPDWN) 2022 yang dilaksanakan Kementerian Desa dan PDTT RI.

Sementara itu, usai menyerahkan penghargaan, Dollah Mando mengatakan prestasi tersebut merupakan kebanggaan Kabupaten Sidenreng Rappang. 

“Tentu ini merupakan suatu kebanggaan karena, hanya 10 kabupaten yang mendapat penghargaan ini. Dan Alhamdulillah Bukit Punjabu mendapat Juara Kedua,” ungkap Dollah Mando.

Prestasi yang diraih itu, kata Dollah Mando, dinilai wajar karena Bukit Punjabu menyajikan panorama yang indah itu mengalami banyak kemajuan.

“Adapun yang perlu ditambahkan di Bukit Punjabu ini adalah fasilitas sanitasi, tempat ibadah, penginapan dan meningkatkan infrastruktur jalan. Karena ini sudah terkenal di Tingkat Nasional, Insya Allah jika yang saya sebutkan tadi sudah terpenuhi maka pengunjung akan semakin meningkat,” tandas Dollah Mando.

Sementara itu Kepala Desa Buntu Buangin, Ramli Paki mengungkap, proses yang dilalui untuk mencapai prestasi itu tidaklah mudah, dan melalui banyak lika-liku.

“Saya sangat terharu melihat teman-teman saya, dan anak-anak saya yang berjuang mati-matian di sini  untuk membantu kami sehingga Punjabu bisa dikenal luas oleh masyarakat,” ucapnya.

Ramli Pakai juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga Buntu Buangin meraih penghargaan dari Kemendes PDTT.

“Terkhusus kepada Bapak Bupati dan Bapak Camat Pitu Riase, saya sampaikan terima kasih karena telah mendampingi saya sampai ke Jakarta untuk menerima penghargaan ini, dan tak terlupakan juga para rekan media yang ada di Sulsel, khususnya Sidrap,” pinta Ramli Paki.

Ramli Paki juga berharap seluruh Desa termotivasi dengan apa yang dicapai Desa Buntu Buangin, melalui wisata Bukit Punjabu.

“Desa Buntu Buangin ibarat mencari jalan, sehingga jalannya sudah didapatkan, semoga teman-teman bisa termotivasi dan bisa menggali potensi yang ada di desa masing-masing,” tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Ketua PKK Sidrap, Suhara Dollah, Kepala Dinas Kominfo Sidrap, Bachtiar, Camat Pitu Riase, Andi Mukti Ali, dan Sekretaris Bappelitbangda Sidrap, Herwin.

Tampak pula Kepala Desa Dengeng-dengeng, Dusmin, Kepala Desa Belawae, Yasir, Kepala Desa Compong, Egy Sunardi Nurdin, Kepala Desa Lagading, Abdullah, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama serta aparat Kecamatan dan Desa setempat.

Setelah acara selesai, rombongan Bupati Sidrap disuguhi buah-buahan seperti durian dan rambutan hasil alam desa yang juga dikenal penghasil minyak cengkeh ini. (Risal Bakri)